PERBANDINGAN LITERASI KESEHATAN ANTARA SISWA JURUSAN IPA DAN IPS SMA NEGERI DI KOTA SURABAYA

  • ARMANDA CIPTA SAYEKTI

Abstract

Abstrak

Literasi kesehatan merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk memperoleh, mengolah dan menerapkan informasi seputar kesehatan. Kemampuan ini sangat diperlukan guna menunjang kualitas hidup yang lebih baik. Terlebih pada usia remaja dimana usia tersebut masih dalam kondisi labil dan proses menilai baik dan buruk, maka dari itu literasi kesehatan sangat penting dimiliki agar paham tentang kesehatan dan dapat menentukan keputusan terhadap masalah kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan literasi kesehatan antara siswa jurusan IPA dan IPS SMA Negeri di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa jurusan IPA dan IPS SMA Negeri di Kota Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah 5 sekolah. Instrumen penelitian menggunakan angket HLS EU Q16 (Health Literacy Survey Europe Union Question 16) dan NVS (Newest Vital Sign). Teknik analisis data yang digunakan adalah chi square dan persentase. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan tingkat literasi kesehatan persepsional siswa jurusan IPA kategori rendah 1,6%, sedang 19,8%, tinggi 78,6% dan tingkat literasi kesehatan fungsional kategori kemungkinan besar literasi terbatas 16,1%, kemungkinan literasi terbatas 38%, kemungkinan literasi cukup 45,8%. Tingkat literasi kesehatan persepsional siswa jurusan IPS kategori rendah 1,4%, sedang 25%, tinggi 73,6% dan tingkat literasi kesehatan fungsional kategori kemungkinan besar literasi terbatas 22,9%, kemungkinan literasi terbatas 39,3%, kemungkinan literasi cukup 37,9%. Perhitungan menggunakan chi square diperoleh hasil 0,608 untuk mencari literasi kesehatan, 0,296 untuk memahami literasi kesehatan, 0,782 untuk menilai literasi kesehatan, 0,259 untuk menerapkan literasi kesehatan dan 0,271 untuk literasi kesehatan persepsional, sedangkan 0,205 untuk literasi kesehatan fungsional. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan literasi kesehatan antara siswa jurusan IPA dan IPS SMA Negeri di Kota Surabaya.

Kata kunci: literasi kesehatan, sma negeri, jurusan IPA, jurusan IPS

Abstract

Health literacy is a persons ability to obtain, process and apply information about health. This ability is needed to support a better quality of life. Especially at the age of adolescence where at that age are still in an unstable condition and the process of assessing good and bad, therefore health literacy is very important possessed so that they understand health and determine the decision on health problems. This study aims to determine the comparison of health literacy between students majoring in Sciences and Social Sciences at State High Schools in the City of Surabaya. This research is a type of comparative research with a quantitative approach. The population of this study were students majoring in Sciences and Social Sciences at State High School in the city of Surabaya. Sampling using cluster random sampling techniques with a sample of 5 schools. The research instrument used the HLS EU Q16 (Health Literacy Survey Europe Union Question 16) questionnaire and NVS (Newest Vital Sign). Data analysis techniques used Chi Square and percentages. Based on the results of statistical analysis shows that the perceptional health literacy level of students majoring in Sciences is low category 1.6%, moderate 19.8%, high 78.6% and functional health literacy level is likely that literacy is limited to 16.1%, the possibility of limited literacy 38 %, the probability of literacy is quite 45.8%. The level of perceptional health literacy in social studies majors in the low category is 1.4%, moderate 25%, high 73.6% and the functional health literacy level is most likely limited literacy 22.9%, the possibility of limited literacy is 39.3%, the likelihood of adequate literacy 37 9%. Calculations using chi square obtained results of 0.608 to look for health literacy, 0.296 to understand health literacy, 0.782 to assess health literacy, 0.259 to apply health literacy and 0.271 for perceptional health literacy, while 0.205 for functional health literacy. So, that there were no significant differences health literacy between students majoring in Sciences and Social Sciences at State High Schools in Surabaya.

Keywords: health literacy, state high school, department of science, department of social science
Published
2020-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 232