IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BOLAVOLI

  • KHUSNUL FAUZIA

Abstract

Abstrak

Pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan guru harus memiliki kreativitas dalam mengajar seperti menggunakan metode yang bervariasi. Contoh memberikan metode part and whole yang merupakan metode gabungan dari metode bagian dan metode keseluruhan, ada variasi dan penekanan yang berbeda sehingga siswa akan lebih aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji implementasi serta menganalisis seberapa besar metode part and whole terhadap hasil belajar materi bolavoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan one group pretest-posttest design yang dilakukan di SMAN 1 Sooko Mojokerto pada kelas X yang berjumlah 12 kelas dengan populasi 384 siswa, dan jumlah sampel penelitian 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan aplikasi SPSS, dapat diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05 dengan peningkatan ranah pengetahuan diperoleh persentase 61%, dan pada ranah keterampilan passing bawah sebesar 30%, passing atas sebesar 36%, servis atas sebesar 35%, dan smash sebesar 39%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh implementasi yang signifikan dari metode part and whole terhadap hasil belajar materi bolavoli

Kata Kunci: metode part and whole, bolavoli

Abstract

Physical Education learning, a teacher should be creative in teaching by using various methods. For example part and whole method, which is a composite of part method and whole method. There is a different variation and emphasizing on that method, so that students will be more active and interesting to follow the learning process. This research aims to know and try the implementation of part and whole method, and also to analyze how big the influence of this method for students’ outcomes in learning volleyball. This research is an experimental research, which takes a quantitative approach. The sampling of this research used one group pretest-posttest design. It was done on 12 classes of X grade in Senior High School 1 Sooko Mojokerto, with a population of 384 students, and the sample of research is 32 students. Based on the result of data analysis using SPSS, the significant value gained is 0.00 < 0.05 can be obtained with a increase in the realm of knowledge obtained by a percentage of 61%. The percentage of difference value on underhand pass, overhead pass, overhead serve, and smash skill posttest and pretest in a row are 30%, 36%, 35% and 39%. And the results of the analysis of these data can be concluded that there I a significant effect of implementation part and whole methods on learning outcome of volleyball.

Keyword: part and whole method, volleyball

Published
2020-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 419
PDF Downloads: 164