PERBANDINGAN PERILAKU KESEHATAN ANTARA SISWA JURUSAN IPA DAN IPS SMA NEGERI DI KOTA SURABAYA

  • MUHAMMAD DANANG SURYO BAHARUDDIN

Abstract

Abstrak

Pendidikan kesehatan adalah upaya pemberian suatu konsep pengetahuan dan informasi di dalam bidang kesehatan, sehingga manusia mampu menangkap pesan dari informasi yang telah disampaikan dan merubah perilakunya. Perilaku kesehatan dalam Global School-based Student Health Survey Indonesia 2015 (GSHS) dibagi menjadi 10 dimensi yaitu; penggunaan alkohol, perilaku diet, penggunaan obat-obatan, kebersihan, kesehatan mental, aktivitas fisik, faktor pelindung, perilaku seksual, penggunaan tembakau, dan kekerasan dan cedera yang tidak disengaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan perilaku kesehatan antara siswa jurusan IPA dan IPS pada 5 SMA Negeri di Kota Surabaya. Penelitian menggunakan jenis penelitian non-eksperimen, dengan desain komparatif yang membandingkan kelompok sampel dengan kelompok lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner 2015 Indonesia global school-based student health survey dari WHO. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Jurusan IPA dan IPS di Kota Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dari 5 wilayah di Kota Surabaya, masing-masing sekolah diambil 1 kelas dari jurusan IPA dan IPS secara acak dengan jumlah responden 332 siswa. Analisis data menggunakan chi-square dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari perilaku kesehatan pada 5 sekolah jurusan IPA dan IPS dari 10 dimensi, 8 diantaranya tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase 8 domain siswa IPA dan IPS masuk dalam kategori baik dan nilai rata-ratanya tidak berbeda terlalu tinggi dari kedua jurusan. Sedangkan untuk 2 dimensi sisanya terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua jurusan, dilihat dari persentasenya jurusan IPS lebih baik daripada IPA dengan perolehan hasil untuk dimensi aktivitas fisik dari jurusan IPS pada kategori buruk (68,6%), kategori sedang (29,3%), dan kategori baik (2,1%). Untuk jurusan IPA kategori buruk (76,6%), kategori sedang (18,8%), dan kategori baik (4,7%). Kemudian dari dimensi kekerasan dan cedera yang tidak disengaja jurusan IPS semua masuk kategori baik (100%). Untuk jurusan IPA kategori sedang (3,1%) dan kategori baik (96,9%).

Kata Kunci: siswa, pendidikan kesehatan, perilaku kesehatan

Abstract

Health education is an effort providing a concept of knowledge and information health so that humans afford to gain messages of the information which is given and change their behavior. Health attitudes in Global School-based Student Health Survey Indonesia 2015 (GSHS) are divided into ten dimensions; those are alcohol use, dietary behavior, drug use, hygiene, mental health, physical activity, protective factors, sexual behavior, tobacco use, and accidental violence and injury. The purpose of the research is to know the comparison of health behavior between students majoring in Science and Social Science at five state high schools in Surabaya. This research uses non-experimental research methods with a comparative design which differentiate sample groups from others. A method used was a survey by collecting data using question 2015 Indonesia global school-based student health survey from WHO. The population of this research was all eleventh-grade students majoring in Science and Social Science in Surabaya. The process of taking the sample groups was by multistage random sampling from five areas in Surabaya, each school was taken on class majoring in Science and Social Science randomly with 332 total respondents. The data analyses used chi-square and percentage. Based on the results provided the news of health behavior in each dimension at five schools majoring Science and Social Science of the ten, eight of them were no significant differences. Those were able to be seen from the percentage of eight domain students majoring in Science and Social science that was categorized well and the average was no highly different the two majors. Meanwhile, the two of the dimensions were significant from difference, from the percentage majoring Social science was better than Science with the result of physical activity from majoring Social science the poor category was (68,6%), the middle category was (29,3%), and in the good category was (2,1%). For majoring Science, in the poor category was (76,6%), the middle category was (18,8%), and the good category was (4,7%). Further information on accidental violence and injury dimensions, majoring in Social science the good category (100%). From majoring in Science, the middle category (3,1%) and the good category (96,9%).

Keywords: students, health education, health behavior

Published
2020-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 102