PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK DISABILITAS GRAHITA C-1 MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG

  • BAGUS SATRIA WIDIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Kesehatan Adaptif memiliki tujuan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan, sosial, intelektual dan kecakapan gerak peserta didik penyandang disabilitas. Pendidikan Jasmani Kesehatan Adaptif di lakukan dengan berbagai macam salah satunya adalah permainan. Contoh memberikan permainan halang rintang yang bermain dari start hingga finish dengan melewati banyak halangan atau rintangan sehingga peserta didik akan lebih aktif dan tertarik. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan motorik kasar pada anak disabilitas grahita dengan diberikannya permainan halang rintang dan besarnya peningkatan motorik kasar anak disabilitas grahita melalui permainan halang rintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif untuk pengambilan data sampel menggunakan one group pretest-postest design. Bersumber pada hasil analisis data menggunakan aplikasi SPSS, memiliki hasil sig 0,00<0,05 diartikan ada perbedaan yang signifikan. Hasil nilai rerata pre-test 18,1 dan post-test 24,0 sehingga ada selisih 5,9. Hasil hitung tes kecakapan motorik kasar peserta didik sebesar 32,6%. Dari hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan motorik kasar melalui permainan halang rintang.

Kata Kunci: keterampilan motorik kasar, disabilitas grahita C-1, Halang Rintang

Abstract

Adaptive Health Physical Education aims to enhance the physical growth and development, motion skills, social and intellectual skills of students with disabilities. Adaptive Health Physical Education is done with various kinds, one of which is a game. One of the examples is to give an obstacle game that plays from start to finish by going through many hitch or obstacles, thus students will be more active and interested. This study aims to know the increase in gross motor skills of children with disabilities through obstacle games and the magnitude of increase in gross motor skills of children with disabilities through obstacle games. This type of research is quasi-experimental research with a quantitative approach which is used to collect data sample using the design of one group pretest-posttest. Based on the results of data analysis using the SPSS application, there is significant result of 0.00 <0.05 which means that there are significant differences. The result of the average score of pre-test is 18.1 and post-test is 24.0, so that there is a difference of 5.9, with the increase in the gross motor skills test results of students by 32.6%. From the results of data analysis, it can be concluded that there is a significant increase in gross motor skills through the obstacle course

Keywords: grossmotorskill, mentaldisabilityC-1, halangrintang

Published
2020-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 203