PENERAPAN PART AND WHOLE METHOD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS MAHASISWA MELALUI KOMUNITAS BELAJAR
Abstract
Abstrak
Mahasiswa sebagai calon guru PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) yang akan memberikan pengetahuan mengenai keterampilan renang diwajibkan mampu menguasai keterampilan renang, namun pada kenyataannya terdapat mahasiswa yang belum mampu mempraktikkan teknik berenang dengan baik, sehingga dengan adanya penerapan part and whole memudahkan mahasiswa mempelajari tahapan gaya bebas (crawl) dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan part and whole method terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas (crawl) mahasiswa melalui komunitas belajar. Komunitas belajar dalam penelitian ini bermaksud sebagai wadah mahasiswa untuk mendapat informasi dan menambah ilmu tentang keterampilan renang, sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga yang belum lulus matakuliah renang, sampel ini dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan syarat - syarat yang dibuat oleh peneliti dan sebanyak 15 subjek. Desain penelitian ini merupakan One group pretest-posttest, proses pengambilan data ini menggunakan tes keterampilan dengan item-item tes yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari penerapan part and whole method terhadap keterampilan renang gaya bebas (crawl) mahasiswa melalui komunitas belajar perhitungan dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science), diketahui bahwa mean pretest mendapat nilai 19,58 , mean postest dengan nilai 80,00, nilai minimum pretest 00,00 dan nilai minimum posttest 31,25, berdasarkan dari hasil analisis terdapat signifikansi 0,000, yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara pretest dan posttest, data dinyatakan signifikan bila hasil lebih kecil dari 0,05.Pada hasil keterampilan renang gaya bebas mahasiswa adanya peningkatan dibuktikan dengan perhitungan persentase 46,28%.
Kata Kunci: part and whole method, gaya bebas (crawl), komunitas belajar
Abstract
Students as a candidate of PJOK’s teachers physical education that will give a knowledge about swimming skills are required to master the swimming skills. However, in fact, there are students who have not been able to practice swimming technique correctly. Therefore, part and whole applied to facilitate students to learn the stages of free style (Crawl) properly. . This study aims to test the effect of the application of the part and whole method to increase the swimming skills of free style (crawl) students through learning communities. Learning community in this research is intended as a forum for students to get information and increase knowledge about swimming skills, the sample of this research is the students of physical education who have not passed the course pool, the sample is done by purposive sampling. Data collection was carried out with terms created by the researcher and use 15 subjects. This research design is One group pretest-posttest, the process of taking the data uses the skills test with determined test items. The results of this study show that there is a significant increase from the application of part and whole method on the swimming skills of free style (crawl) students through learning communities. Data calculation by using SPSS (Statistical Package for the Social Science), it is known that the mean pretest score 19,58 , the mean posttest with a value of 80.00, the minimum value of the pretest 00,00 and the minimum value of a posttest 31,25, based on the results of the analysis there is a significance of 0.000, which means that there is a significant increase between the pretest and posttest, data declared significant when the results smaller than 0.05. On the results of the swimming skills of free style students the increase is proved by calculation of the percentage of 46,28% .
Keywords: part and whole method, free style (crawl), learning communities
PDF Downloads: 58