PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN REKREASI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • RERI ARIFAN

Abstract

Abstrak

Kualitas hidup adalah suatu persepsi seseorang dalam kehidupan yang dijalani dengan konteks nilai dan budaya individu yang terangkum dalam aspek keadaan psikologis, kesehatan fisik, dan hubungannya dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu perbedaan kualitas hidup mahasiswa pendidikan olahraga, pendidikan kepelatihan olahraga dan Ilmu keolahragaan di Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional design yang menggunakan subjek penelitian pada mahasiswa dengan tiga jurusan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean, persentase, dan uji beda dengan menggunakan kruskall wallis serta uji korelasi dengan menggunakan Chi-Square test. Hasil dari penelitian ini adalah kesehatan fisik mahasiswa pendidikan olahraga 93,8% kurang & 6,3% baik, kesehatan fisik mahasiswa Pendidikan kepelatihan olahraga 80% kurang & 20% baik, kesehatan fisik mahasiswa Ilmu keolahragaan 90% kurang & 10% baik. Kesehatan psikologis mahasiswa Pendidikan olahraga 75% kurang & 25% baik, kesehatan psikologis mahasiswa Pendidikan kepelatihan olahraga 65% kurang & 35% baik, kesehatan psikologis mahasiswa Ilmu keolahragaan 57,5% kurang & 42,5% baik. Hubungan sosial 71,9% kurang & 28,1% baik, Hubungan sosial mahasiswa Pendidikan kepelatihan olahraga 55% kurang & 45% baik, Hubungan sosial mahasiswa Ilmu keolahragaan 65% kurang & 35% baik. Kesehatan lingkungan mahasiswa Pendidikan olahraga 90,6% kurang & 9,4% baik, Kesehatan lingkungan pada mahasiswa Pendidikan kepelatihan olahraga 90% kurang & 10% baik, Kesehatan lingkungan pada mahasiswa Ilmu keolahragaan 92,9% kurang & 7,1% baik. Setelah dilakukan uji beda kualitas hidup pada ketiga jurusan didapatkan hasil nilai asymp sig. 0,62. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara mahasiswa Pendidikan olahraga, Pendidikan kepelatihan olahraga, dan Ilmu keolahragaan terhadap kualitas hidup.

Kata kunci: fisik, kualitas hidup, lingkungan, psikologis, sosial

Abstract

Quality of life is an individuals perception of the life a person lives with the cultural context and individual values ​​that are summarized in aspects of physical health, psychological states, and their relationship with the environment. The purpose of this study is to find out the differences in the quality of life of sports education students, sports coaching education and health and recreation education at State University Of Surabaya. The research method used in this study is quantitative with a descriptive approach. The research design used in this study is a cross sectional design that uses research subjects for students with three different study programs. The data analysis technique used is the mean, percentage, and different test using kruskall wallis and the correlation test using the Chi-Square test. The results of this study are the physical health of sports education students 93.8% poor & 6.3% good, physical health of students of sports coaching education 80% poor & 20% good, physical health of students of health and recreation education 90% poor & 10% good. Psychological health of students Physical education 75% poor & 25% good, psychological health of students Physical education training 65% poor & 35% good, psychological health of students Health and recreation education 57.5% poor & 42.5% good . Social relations 71.9% poor & 28.1% good, Social relations of students Education in sports education 55% poor & 45% good, Social relations of students Health and recreation education 65% poor & 35% good. Environmental health of students Sports education 90.6% poor & 9.4% good, Environmental health of students Sports education 90% poor & 10% good, Environmental health of students Health and recreation education 92.9% poor & 7.1% good. After a different quality of life test was performed on the three study programs, the results obtained were asymp sig. 0.62. The conclusion of this study is that there are no significant differences between students of sports education, sports coaching education, and health and recreation education on quality of life.

Keywords: physical, quality of life, environment, psychological, social
Published
2020-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 110