PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA 4 DAN 6 GAWANG UNTUK MENINGKATKAN KEGEMBIRAAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  • ANISA NURHIDAYATI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan program pendidikan yang melibatkan segala bentuk latihan fisik supaya anak dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik. Modifikasi dalam pembelajaran serta pendekatan yang paling tepat merupakan sarana yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan modifikasi permainan sepakbola 4 dan 6 gawang untuk meningkatkan kegembiraan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan non-randomized control pretest-postest sebagai desain penelitiannya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Kota Blitar, dan pengambilan sampel dengan menggunakan metode cluster random sampling sehingga terpilihlah 2 kelas sebagai responden pada penelitian ini yaitu kelas X Busana 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Boga 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 25 siswa. Pada penelitian ini pengambilan data menggunakan angket kegembiraan, dimana angket ini digunakan untuk mengukur tingkat kegembiraan siswa setelah mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa modifikasi permainan sepakbola dapat meningkatkan kegembiraan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelompok kontrol 87% dan kelompok eksperimen 78% dari hasil pretest-posttest dengan hasil uji-T sampel berpasangan dengan nilai signifikasi (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan melalui modifikasi permainan sepakbola untuk meningkatkan kegembiraan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Kata kunci: modifikasi, permainan sepakbola, kegembiraan belajar

Abstract

Physical Education (PE) is an educational program that involves all forms of physical training so that children can experience growth and development properly. Modifications in learning and the most appropriate approach are the most effective means of improving student learning outcomes. The purpose of this study is to describe the results of applying the modification of the game of football 4 and 6 wickets to increase students excitement in learning physical education, sports, and health. This research is an experimental study using non randomized control pretest-posttest as a research design. The study was conducted at State Vocation High School 3 Blitar, and sampling using the cluster random sampling method so that 2 classes were selected as respondents in this study namely Class X Clothing 2 as an experimental group and Class X Catering 2 as a control group with the number of students in each class as many as 25 students. In this study, the data collection used an excitement questionnaire, where this questionnaire was used to measure the level of excitement of students after attending Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning. Based on the results of the study, it is known that the modification of the game of football can increase the excitement of students in physical education and sports education in the control group 87% and the experimental group 78% of the results of the pretest-posttest with the results of the sample T-test paired with the value of significant (2-tailed) are of 0,00 <0.05 so that in other words it can be concluded that there is a significant influence through modification of the game of football to increase students excitement in learning physical sports and health education.

Keywords: modification, soccer game, learning excitement

Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 0