PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DENGAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 1 GRESIK

  • Wahid Rizal David Mahendra Universitas Negeri Surabaya
  • Taufik Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Prestasi yang tinggi dapat dicapai apabila memiliki kemampuan daya tahan aerobik atau VO2max yang tinggi. Kemampuan sistem pernapasan seseorang apabila dapat menghirup oksigen dalam jumlah yang banyak pada saat pertandingan dan latihan merupakan definisi dari VO2max. Porsi latihan yang memiliki sistem terprogram dan dilakukan secara berkesinambungan mampu meningkatkan nilai VO2max. Berdasarkan uraian tersebut tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dengan ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 1 Gresik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini membandingkan nilai VO2max pada ekstrakurikuler futsal dan bola basket. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean, standar deviasi, persentase, uji normalitas, dan uji beda dengan menggunakan independent samples t-test. Hasil dari penelitian ini adalah setelah dilakukannya uji dengan menggunakan independent samples t-test didapatkan hasil bahwa nilai sig. 2 tailed kurang dari 0,005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan bola basket terhadap nilai VO2max.

Kata Kunci: bola basket, futsal, kebugaran, latihan, VO2max

Abstract

To achieve maximum performance, aerobic or endurance capability is required a high VO2max. The ability of the human respiratory organ to breathe oxygen as much as possible during training and competition is the definition of VO2max. The portion of training that has a programmed system and continuously can increase the value of VO2max. Based on these descriptions in this study aims to compare the level of physical fitness between students who take futsal extracurricular activities with basketball extracurricular activities in Junior High School 1 Gresik. The research method used in this study is quantitative with a descriptive approach. In this study comparing the value of VO2max in futsal and basketball extracurricular activities. Data analysis techniques used are the mean, standard deviation, percentage, normality test, and different tests using independent samples t-test. The results of this study are that after doing the test using independent samples t-test, the results showed that the value of sig. 2 tailed less than 0.05. The conclusion of this study is that there are significant differences between students who take futsal and basketball extracurricular activities on VO2max scores.

Keywords: basketball, futsal, fitness, exercise, VO2max

Published
2020-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 233
PDF Downloads: 235