PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA ANGKATAN 2017 DAN ANGKATAN 2016 FIO UNESA

  • A’Afi Wahyuni Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Wisnu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting bagi kehidupan manusia sehari-hari, karena dapat meningkatkan derajat kehidupan manusia. Ada begitu banyak olahraga yang sering kita jumpai, dengan berbagai olahraga di Unesa, perkuliahan yang diambil pada angkatan 2017 dan angkatan 2016 di  Pendidikan Olahraga. Kedua aktivitas ini membutuhkan aktivitas fisik yang merupakan komponen pendukung kebugaran fisik. Namun, sampai sekarang mahasiswa tidak mengetahui tingkat kebugaran fisik yang mempengaruhi tingkat profesional mengajar setelah lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan dan seberapa besar perbandingan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa di Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2017 dan Angkatan 2016 FIO Unesa. Jenis penelitian ini non eksperimen dan desain yang digunakan yaitu desain komparatif artinya membandingkan satu kelompok sampel dengan kelompok lainnya. Berdasarkan hasil tes MFT (Bleep Test) yang diperoleh yaitu besarnya nilai signifikan 0,142 > 0,05 yang berarti tidak ada perbandingan antara tingkat kebugaran jasmani mahasiswa yang aktif di perkuliahan angkatan  2017 dan angkatan 2016 di Jurusan Pendidikan Olahraga FIO Unesa. Namun, hasil rerata tingkat kebugaran jasmani mahasiswa tahun 2017 Jurusan Pendidikan Olahraga lebih tinggi dibandingkan di tahun 2016 dengan hasil rerata yang diperoleh sebesar 38,5425 untuk Jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2017 dan 37,0325 untuk Jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2016 FIO Unesa.

Kata Kunci: kebugaran jasmani, aktivitas fisik, MFT

  

Abstract

Sport is a very important activity for everyday human life, because it can increase the degree of human life. There are so many sports that we often encounter, with various sports in Unesa, precisely in lectures taken in the 2017 generation and 2016 in Sports Education. Both of these activities require physical activity which is a supporting component of physical fitness. However, until now students did not know the level of physical fitness that affected the professional level of teaching after graduation. This study aims to find out whether there is a comparison and how big is the level of physical fitness of students in the Department of Sport Education Force 2017 and Force 2016 FIO Unesa. This type of research is non-experimental and the design used is comparative design which means comparing one sample group with another group. Based on the results of the MFT Test (Bleep Test) obtained, the significance value is 0.142> 0.05, which means there is no comparison between the physical fitness level of students who are active in the class of 2017 and the 2016 class in the Department of Sport Education, FIO Unesa. However, the average physical fitness level of students in 2017 at the Department of Physical Education was higher than in 2016 with the average results obtained at 38.5425 for the Department of Physical Education for the 2017 generation and 37.0325 for the Department of Physical Education at the 2016 FIO Unesa.

Keywords: physical fitness, physical activity, MFT

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 80