PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA TERHADAP IMPLEMENTASI MATA KULIAH MASASE OLAHRAGA
Abstract
Abstrak
Mata kuliah masase merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan kecakapan hidup (life skill) dengan tujuan membuka kesempatan untuk bisa mandiri dalam masyarakat. Dengan demikian alumni Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya bukan hanya dipersiapkan untuk bekerja atau mengabdi di sektor formal seperti menjadi PNS, tetapi juga bisa membuka peluang usaha baru secara mandiri. Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh jawaban tingkat persepsi mahasiswa jurusan pendidikan olahraga terhadap implementasi mata kuliah masase olahraga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimen dengan metode kuesioner melalui angket pernyataan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan pendidikan olahraga angkatan 2017 yang berjumlah 176 orang dan sudah menempuh mata kuliah masase olahraga. Pengolahan data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase (%). Berdasarkan hasil pengolahan data persepsi mahasiswa jurusan pendidikan olahraga terhadap implementasi mata kuliah masase olahraga memperhatikan sub variabel Pandangan Mahasiswa Terhadap masase olahraga, Pengetahuan Mahasiswa Terhadap masase olahraga, dan Pengalaman. Hasilnya menunjukkan kategori cukup baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 46,6%, sedangkan kategori sangat baik sebanyak 53,4%. Jadi berdasarkan hasil keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap implementasi mata kuliah masase olahraga mahasiswa lebih dominan masuk dalam kategori sangat baik, dengan jumlah 71 mahasiswa sebesar (53,4%) dari total responden.
Kata Kunci: persepsi; mahasiswa; masase olahraga
Abstract
Massage subjects are courses that equip students with life skills with the aim of opening opportunities to be independent in society. Thus, alumni of Sport Education Major in Sport Science Faculty of Surabaya State University are not only prepared for working and serving in the formal sector such as being government employees, but also prepared to be able to open the new independent business opportunities. The purpose of this study was to obtain answers to the level of perception of students majoring in sports education towards the implementation of sports massage subjects. This study was included in a non-experimental study using a questionnaire method through a questionnaire statement. This research population were 176 sport education major students of year 2017 who had finished sport massage course. Data processing used in the form of quantitative descriptive while data analysis techniques in this study using the percentage (%). Based on the results of data processing the perceptions of students majoring in sports education on the implementation of sports massage courses paying attention to the sub-variables of Student Views towards sports massage, Student Knowledge of sports massage, and experience. The results show a pretty good category of 0%, good category was 46,6%, while very good category was 53,4%. So based on the overall results of student perceptions of the implementation of sports massage courses, students are more dominant in the very good category, with a total of 71 students (53.4%) of the total respondents.Keywords : perception; university students; sport massage
PDF Downloads: 440