MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP DR. SOETOMO SURABAYA

  • Rizky Prayuda Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Manfaat dari olahraga bukan hanya mendapatkan jasmani yang sehat saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana rekreasi, pendidikan, peningkatan prestasi, bahkan untuk meningkatkan status ekonomi atau sosial kita. Bahwa ingin memperoleh prestasi yang baik tidak mudah, perlu proses pembinaan secara terstruktur, mulai dini, berjenjang serta berkelanjutan dengan manajemen organisasi yang ada di sekolah agar dapat mencapai target yang diinginkan. Secara garis besar, ekstrakurikuler dan manajemen saling berkaitan supaya bisa berjalan dengan baik dan tertata dengan rapi maka sekolah perlu memiliki manajemen yang baik direncanakan sejak awal, sehingga dapat mencapai target yang telah diinginkan. Riset tersebut akan mengetahui bagaimana manajemen ekstrakurikuler olahraga di SMP Dr. Soetomo Surabaya yang meliputi 3 fungsi yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Riset yang dipakai yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian non-eksperimen. Metode penelitian memakai instrumen berupa angket dengan butir-butir item pertanyaan. Hasil perencanaan siswa senilai 1222 persentase 86,7%, Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 186 persentase 82,7%. Hasil dari pelaksanaan siswa senilai 2210 persentase 85,5%, pelaksanaan Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 152 persentase 86,9%. Hasil evaluasi siswa senilai 1000 persentase 85,1%, evaluasi Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 116 persentase 77,3%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dari jumlah 52 responden, hasil skor total 4886 dengan persentase 85,4% sehingga bisa dikatakan manajemen ekstrakurikuler olahraga yang ada di SMP Dr. Soetomo Surabaya sudah dikelola dengan sangat baik.

Kata Kunci: manajemen; ekstrakurikuler; olahraga

 

Abstract

The benefits of exercise are not only getting a healthy body, but also can be used as a means of recreation, education, increased achievement, even to improve our economic or social status. That wanting to get a good achievement is not easy, it needs a structured, early, tiered and sustainable coaching process with organizational management in schools in order to achieve the desired target. Broadly speaking, extracurricular activities and management are interrelated so that they can run well and are neatly organized, so schools need to have good management planned from the start, so that they can achieve the desired targets. The research will find out how sports extracurricular management at SMP Dr. Soetomo Surabaya which includes 3 functions, namely: planning, implementation, and evaluation. The research used is descriptive quantitative using non-experimental research methods. The research method used an instrument in the form of a questionnaire with question items. The results of student planning amounted to 1222 percentage of 86.7%, Principal and trainer of 186 percentage of 82.7%. The results of the implementation of students amounted to 2210, the percentage of 85.5%, the implementation of the Principals and Trainers of 152, the percentage of 86.9%. The results of the student evaluation amounted to 1000 percentage of 85.1%, the evaluation of principals and trainers of 116 percentage of 77.3%. Based on the data obtained from 52 respondents, the total score was 4886 with a percentage of 85.4%, so it can be said that the sports extracurricular management in SMP Dr. Soetomo Surabaya has been managed very well.

Keywords: management; extracurricular; sports

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 297
PDF Downloads: 646