PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PASSING BAWAH MATAPELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • Nera Avissena Universitas Negeri Surabaya
  • Taufik Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penulis menemukan sebuah masalah pada pembelajaran bolavoli, khususnya pada materi pembelajaran passing bawah di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Melalui pengamatan secara langsung pada peserta didik kelas X IIS yang melakukan pembelajaran olahraga dengan materi bolavoli, terdapat beberapa peserta didik yang masih kurang tepat saat melaksanakan praktik passing bawah. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang menguasai materi yang disampaikan oleh pendidik dengan model pembelajaran secara langsung, sehingga hasil belajar peserta didik materi tersebut rendah. Tujuan dari penulisan artikel untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada materi Passing Bawah Bolavoli. Penulis menggunakan metode analisis dengan hasil observasi dan sumber pustaka yang tersedia. Diperoleh data analisis bahwa unsur yang kuat dari model Teams Games Tournament yaitu melaksanakan proses pembelajaran melalui sebuah permainan, hal ini memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk belajar secara aktif dan menyenangkan maka peserta didik akan lebih mudah dalam menerima materi. Sehingga model Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: team games tournament learning; passing bawah; bolavoli; hasil belajar peserta didik

 

Abstract

The writer found a problem in volleyball learning, especially in Forearm Pass learning material in the State High School 1 Kedungpring Lamongan. Through direct observation of class X IIS students whose learned the volleyball material, there were some students who are still inaccurate when carrying out the practice of the forearm pass. Students have a difficulty in understanding the learning materials which were delivered by the teacher with a direct learning model, so the student learning outcomes of the material are low. The purpose of this articles is to determine the effect of applying the Teams Games Tournament Cooperative learning model on the forearm pass material. The author used the analysis method with the results of observations and available library resources. Based on the data analysis, it can be concluded that the strong element of the Teams Games Tournament model is carrying out the learning process through a game, this provides stimulation to students to learn actively and pleasantly so that students will more easily accept the material. So that the Teams Games Tournament model can increase the learning motivation of students.

Keywords: team games tournament learning; forearm pass; volleyball; student learning outcomes

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 332
PDF Downloads: 445