PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JOMBANG

  • Bagas Tiar Widigda Universitas Negeri Surabaya
  • Sasmita Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Permainan kecil ialah permainan yang bukan menggunakan peraturan baku, baik dari peraturan permainan, alat yang dipakai, ukuran lapangan ataupun waktu yang digunakan. Motivasi belajar ialah dorongan dari dalam diri (internal) ataupun luar diri (eksternal) pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jombang; 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pemberian permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jombang. Desain penelitian berikut memakai one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Jombang yang berjumlah 64 siswa dengan pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa adanya pengaruh penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Hal tersebut diketahui dari hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen memperlihatkan bahwasanya nilai sig 0,148> 0.05 dengan peningkatan yang telah dihitung dan hasilnya yaitu meningkat sebesar 1,81%.

Kata Kunci: permainan kecil; motivasi belajar; pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

Abstract

Small game is a game that does not have standard rules, both from the rules of the game, the tools used, the size of the field and the time used. Learning motivation is encouragement from within (internal) and outside self (external) to students who are learning to make changes in behavior This study has the following objectives: 1) To determine the effect of providing small games on students' learning motivation in learning physical education, sports and health in class X students of SMA Negeri 1 Jombang; 2) To find out the magnitude of the effect of providing small games on students' motivation in learning physical education, sports and health in class X students of SMA Negeri 1 Jombang. This research design uses one group pretest-posttest design. The population of this research is 64 students of grade 1 of SMA Terror 1 Jombang, with a sample selection using cluster random sampling. Based on the results of this study note that the influence of the application of small games on student learning motivation in learning physical education, sports and health. Proven from the results of testing the hypothesis in the experimental group showed that the value of sig 0.148> 0.05 with an increase in the that has been calculated and the result is increased by 1.81%.

Keywords: small games; student learning motivation; sport physical education and health

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 257
PDF Downloads: 240