PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS X DI MAN 2 GRESIK

  • Muhamad Ramadan Subagjo Universitas Negeri Surabaya
  • Sasmita Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Secara umum, pendidikan amat penting guna perkembangan kemampuan serta pengetahuan seseorang. Pendidikan didapatkan di sekolah yang sudah disediakan oleh pemerintah mulai sekolah dasar hingga sampai pada jenjang perguruan tinggi. Sekolah memiliki pendidikan yang dapat memfasilitasi pengetahuan dan keterampilan, salah satunya yakni melalui mata pelajaran PJOK. Dalam pembelajaran PJOK, dibutuhkan minat seorang siswa untuk melakukan pembelajaran itu sendiri guna mendapatkan manfaat yang maksimal. Dibutuhkan suatu proses pembelajaran yang tampak menarik, tidak membosankan dan tidak pasif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X di MAN 2 Gresik; 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X di MAN 2 Gresik. Desain dari penelitian yakni randomized control group pre-test – post-test design. Populasi yang dipakai yakni siswa kelas X di MAN 2 Gresik. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol, pada masing-masing kelas berisi 34 dan 28 siswa di mana penentuan sampel secara cluster random sampling. Penelitian berikut memanfaatkan instrumen berbentuk angket minat siswa yang diisikan oleh siswa, angket tersebut terdiri dari 37 pernyataan. Dari penelitian ini, telah diperoleh hasil yakni sebagai berikut: 1) Ada pengaruh permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X di MAN 2 Gresik; 2) Besarnya pengaruh permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X di MAN 2 Gresik yakni sebesar 6,45%.

Kata Kunci: permainan kecil; minat siswa; pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

  

Abstract

In general, education is very important to develop abilities and knowledge. Education is obtained in schools, provided by the government from elementary schools to university levels. Schools subjects facilitate knowledge and skills, like using Physical, Sports, and Health education. To achieve good fitness in Physical, Sports, and Health education, it takes the interest of a student to carry out movements. It can be done by using a traditional game to make learning process does not seem boring and passive. The purpose of this study were: 1) To determine the effect of traditional games on students’ interest in learning Physical, Sports, and Health education in X class students at MAN 2 Gresik and 2) To find out the magnitude of the influence of traditional games on students’ interest in learning Physical, Sports, and Health education in X class students at MAN 2 Gresik. This research design used randomized control group pre-test – post-test design. The population used was X class students at MAN 2 Gresik. The sample used was students of class X IPA 5 as the experimental class and class X IPA 6 as a control class, each consisting of 34 and 28 students where the sample was determined by cluster random sampling. The instrument on this study was a student interest questionnaire filled in by students. It consisted of 37 statements. The results of this research were: 1) There’s an influence of small games on student interest in learning education on physical, sports, and health in X Class students in MAN 2 Gresik and 2) The magnitude of influence of small games on student interest in learning education on physical, sports, and health in X Class students in MAN 2 Gresik is 6,45%.

Keywords: small game; student interest; physical, sports, and health education

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 183
PDF Downloads: 124