HUBUNGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN GULING BELAKANG

  • Johan Pabudi Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah salah satu bentuk pembelajaran di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan bidang kesehatan, keterampilan sosial, berpikir kritis penalaran melalui beberapa aktivitas jasmani. Melalui pembelajaran PJOK siswa diharapkan memperoleh suatu pengalaman yang menyenangkan, kreatif, terampil, dan memelihara kesehatan jasmani. Pada saat pembelajaran siswa harus bisa menguasai beberapa aspek antara lain yaitu sikap psikomotor dan sikap kognitif. Aspek tersebut akan berhubungan satu sama lain. Jika siswa mengalami perubahan di aspek kognitif, maka sikap dan keterampilannya diharapkan akan berubah. Hasil belajar adalah kapasitas atau perubahan perilaku seseorang yang didapatkan setelah mengikuti proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan hasil belajar psikomotor dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran guling belakang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif non-eksperimental. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kebomas yang telah dipilih menggunakan teknik pemilihan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian adalah dari nilai psikomotor dan kognitif pada materi guling belakang senam lantai yang dilakukan dengan cara meminta data pada guru yang bersangkutan. Data tersebut dianalisis menggunakan korelasi product moment dimana awal perhitungannya dengan mengetahui uji normalitas, mean, standar deviasi, koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 27,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara hasil belajar psikomotor dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran guling belakang.

Kata Kunci: senam lantai; hasil belajar; kognitif; psikomotor

Abstract

Physical Education, Sports, and Health is a form of learning in schools that aims to develop health, social skills, critical thinking, reasoning through several physical activities. Through PE learning, students are expected to have a pleasant, creative, skilled, and maintain physical health experience. At the time of learning students must be able to master several aspects, including psychomotor attitudes and cognitive attitudes. These aspects will be related to one another. If students experience changes in the cognitive aspects, then their attitudes and skills are expected to change. Learning outcomes are the capacity or behavior change of a person obtained after participating in the learning process. Therefore the study aims to verify whether is a relation between psychomotor learning outcomes and cognitive learning outcomes in back roll learning. Researchers used this type of non-experimental quantitative research. The sample used in this study were 34 students of class XI IPS 3 Senior High School 1 Kebomas who had been selected using cluster random sampling technique. The research data collection is from the psychomotor and cognitive values on the back roll material of floor exercise which is done by asking the data from the teacher concerned. The data is analyzed using the product moment correlation where the initial calculation is by knowing the normality test, mean, standard deviation, coefficient of determination. The results of this study indicate a significance value of 0.002 <0.05 and a determination coefficient of 27.2%, so it can be concluded that there is a strong relationship between psychomotor learning outcomes and cognitive learning outcomes in backward roll learning..

Keywords: gymnast; learning outcomes; psychomotor; cognitive

 

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 314
PDF Downloads: 286