ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA DALAM MERUMUSKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA SETIAP KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN PJOK JENJANG SMP DAN SMA/SMK

  • Dion Akhsanu Fariha Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, RPP adalah salah satu elemen penting dan mendasar yang harus dikuasai oleh seorang pendidik maupun calon pendidik, salah satu elemen penting dalam pembuatan RPP adalah perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). IPK menunjukkan proses dan ciri-ciri kemampuan atau keterampilan yang hendak dicapai peserta didik yang ditunjukkan pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kompetensi mahasiswa Prodi PJKR, Universitas Negeri Surabaya, angkatan 2017 dalam merumuskan IPK pada setiap Kompetensi Dasar mata pelajaran PJOK meliputi jenjang SMP dan SMA atau SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah 174 mahasiswa angkatan 2017 yang telah memprogram mata kuliah PPPPJ, namun dengan jumlah mahasiswa yang mau mengisi kuesioner serta data hasil perumusan yang bisa dibaca dan dikoreksi didapatkan sejumlah 90 mahasiswa yang menjadi data sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dimana data didapat dari pengisian kuesioner yang kemudian dianalisis untuk dihitung secara keseluruhan dan nilai rata-ratanya, setelah itu dapat diketahui juga komponen-komponen yang perlu diperbaiki maupun dipertahankan didasarkan pada indikator penilaian perumusan IPK. Berdasarkan analisis data menggunakan aplikasi SPSS, dapat diperoleh hasil nilai rata-rata yang didapat adalah 68.21 dengan nilai maksimal 100 dan nilai minimal 28 dengan persentase kesalahan pada item 1 yaitu merumuskan 3 indikator berupa indikator penunjang, indikator kunci dan indikator pengayaan sebanyak 83%, kemudian item 3 yaitu merumuskan indikator sesuai dengan hierarki kompetensi materi yang ada pada KD sebanyak 58%, dan item 2 yaitu merumuskan materi indikator sesuai dengan KD yang tersedia sebanyak 42%.

Kata Kunci: indikator pencapaian kompetensi; PJOK; kompetensi

Abstract

In learning activity, lesson plan is an important and basic element that teacher and prospective teacher have mastered, one important element in making learning plans is the formulation of competency achievement indicators. Indicators of competency achievement show the process and the characteristics of the ability to be achieved by students shown at the time of learning activities. This study aims to finds general description competence from physical education student in Surabaya State University 2017 year generation, in formulating indicator of competence achievement in every basic competencies on physical education subject in junior high school and senior high school or vocational high school, the population in this study were 174 students of class 2017 who had programmed physical education learning devices courses, but with the number of students who wanted to fill out the questionnaire and formulation results data that could be read and corrected, it was found that 90 students became the sample data in this study. This study uses a quantitative descriptive analysis technique, where data is obtained from filling out a questionnaire which is then analyzed to be calculated as a whole and its average value, after which it can also be seen which components need to be repaired or maintained based on the assessment indicators for the formulation of competency achievement indicators. Based on data analysis using SPSS can be obtained the average value obtain is 68.21 with maximum value is 100 and minimum value is 28 with percentage error in item 1 that mean formulating three indicators in the form of supporting indicators, key indicators and safety indicators as much as 83%, than item 3 which means formulate indicators according to the material competency hierarchy in based competence as much as 58%, and item 2 which means formulate indicator materials according to basic competencies as much as 42%.

Keywords: indicator of competence achievement; physical education; competence

 

Published
2020-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 1111
PDF Downloads: 1283