PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil)

  • Billy Andrezy Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani yang dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Menjalankan proses pendidikan, kegiatan belajar dan pembelajaran merupakan suatu usaha yang sangat strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan metode pembelajaran sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian dari keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil; (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil. Metode pembelajaran yang diterapkan ialah metode tutor sebaya. Melalui metode tutor sebaya diharapkan  siswa dapat mencapai hasil belajar shooting bola basket yang diinginkan. Dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil. Hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan menggunakan Uji t sampel berbeda yaitu thitung 13.737 > 1.688 pada kognitif kelompok A dan 10.721 > 1.688 pada psikomotrik kelompok A.

Kata Kunci: tutor sebaya, shooting, bolabasket       

 

Abstract

Physical Education is basically education through physical activity which is used as a medium to achieve overall individual development. Running an educational process, learning activities and learning is a very strategic effort to achieve the expected goals. As a teacher, we have to know how important the position of the learning method as one component that take parts on the success of teaching and learning activities carried out by teachers and students at school. This research aims to: (1) The determination effect of peer tutoring method of outcomes learn shooting on basketball in class XI students of Senior High School 1 Bangil; (2) To figure out how much influence peer tutoring method has on outcomes learn shooting on basketball in class XI students of Senior High School 1 Bangil. The learning method applied is peer tutoring method. Peer tutoring method is expected that students can achieve the goals outcomes learning of shooting on basketball.  From the result of research and analysis it can be concluded that there is an influenced of peer tutoring methods on learn shooting on basketball in class XI students Senior High School 1 Bangil. This is evidenced in the results of calculations using the Test: different samples namely t-value 13,737 > 1,688 in cognitive group A and 10,721 > 1,688 in group A.

Keywords: peer tutoring, shooting, basketball

Author Biography

Billy Andrezy, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani yang dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Menjalankan proses pendidikan, kegiatan belajar dan pembelajaran merupakan suatu usaha yang sangat strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan metode pembelajaran sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian dari keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil; (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil. Metode pembelajaran yang diterapkan ialah metode tutor sebaya. Melalui metode tutor sebaya diharapkan  siswa dapat mencapai hasil belajar shooting bola basket yang diinginkan. Dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil. Hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan menggunakan Uji t sampel berbeda yaitu thitung 13.737 > 1.688 pada kognitif kelompok A dan 10.721 > 1.688 pada psikomotrik kelompok A.

Kata Kunci: tutor sebaya, shooting, bolabasket       

 

Abstract

Physical Education is basically education through physical activity which is used as a medium to achieve overall individual development. Running an educational process, learning activities and learning is a very strategic effort to achieve the expected goals. As a teacher, we have to know how important the position of the learning method as one component that take parts on the success of teaching and learning activities carried out by teachers and students at school. This research aims to: (1) The determination effect of peer tutoring method of outcomes learn shooting on basketball in class XI students of Senior High School 1 Bangil; (2) To figure out how much influence peer tutoring method has on outcomes learn shooting on basketball in class XI students of Senior High School 1 Bangil. The learning method applied is peer tutoring method. Peer tutoring method is expected that students can achieve the goals outcomes learning of shooting on basketball.  From the result of research and analysis it can be concluded that there is an influenced of peer tutoring methods on learn shooting on basketball in class XI students Senior High School 1 Bangil. This is evidenced in the results of calculations using the Test: different samples namely t-value 13,737 > 1,688 in cognitive group A and 10,721 > 1,688 in group A.

Keywords: peer tutoring, shooting, basketball

Published
2020-12-01
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 59