HUBUNGAN PEMBELAJARAN TEORI DAN PRAKTEK TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING PADA PERMAINAN FUTSAL

  • Mahardi Mochammad Djoyonegoro
  • Sudarso Sudarso

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang harus tertanam dalam diri manusia. Salah satu cara untuk memperoleh pendidikan adalah memalui bangku sekolah. Sekolah merupakan lembaga yang memberikan berbagai macam pendidikan seperti keilmuan, karakter, budi pekerti dan sebagainya. Pendidikan Jasmani menjadi salah satu pendidikan untuk meningkatkan kualitas manusia yang berbudi pekerti luhur, cerdas dan sehat jasmani maupun rohani dalam diri manusia. Dunia pendidikan dalam lembaga pendidikan sekolah tidak lepas dari metode pembelajaran yang diberikan supaya ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa terdidik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan metode pembelajaran teori dan praktik terhadap hasil nilai belajar siswa SMP Negeri 17 Surabaya. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 17 Surabaya dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIIIF yang berjumlah 81 siswa. Penelitian ini merupakan riset korelasional dengan metode survei. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran teori dan praktik terhadap hasil nilai belajar siswa SMP Negeri 17 Surabaya. Selain itu metode pembelajaran teori memiliki hubungan lebih kuat dibandingkan metode pembelajaran praktik terhadap hasil nilai belajar siswa SMP Negeri 17 Surabaya. Sehingga disarankan untuk guru pengampu mata pelajaran PJOK lebih memperhatikan cara mempraktikkan teori yang ada agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

Kata Kunci: pembelajaran teori; pembelajaran praktik; hasil belajar

 

Abstract

Education is something that must be embedded in humans. One way to obtain education is through school. Schools are institutions that provide various kinds of education such as scholarship, character, character and so on. Physical Education is one of education to improve the quality of human beings who are virtuous, intelligent and physically healthy and spiritually in humans. The world of education in school education institutions cannot be separated from the learning methods provided so that the knowledge delivered can be well received by educated students. This study aims to examine the relationship of theory and practice learning methods to the learning outcomes of students of State Junior High School 17 Surabaya. The population in this study were students of State Junior High School 17 Surabaya with a sample of students in class VIII E and VIII F, amounting to 81 students. This research is a quantitative research study with survey methods. The results obtained from this study that there is a positive and significant relationship between learning theory and practice of learning outcomes of students of State Junior High School 17 Surabaya. Besides that the theory learning method has a stronger relationship than the practical learning method on the learning outcomes of students of State Junior High School 17 Surabaya. So it is recommended for PE subject teachers to pay more attention to how to practice the theory so that it is more easily understood by students.

Keywords: theory learning; practical learning; learning outcomes

Published
2020-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 1122
PDF Downloads: 397