PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

  • Bhisma Bomantara Brierizky
  • Dwi Cahyo Kartiko

Abstract

Abstrak

Bola basket merupakan permainan beregu yang beranggotakan 5 orang, dalam bola basket mempunyai beberapa teknik dasar salah satunya yaitu dribble. Variasi permainan merupakan bentuk keragaman dalam berbagai kegiatan, baik dalam kegiatan pembelajaran ataupun dalam berbagai bentuk permainan. Dalam proses pembelajaran tidak selamanya akan berjalan dengan lancar, seringkali terjadi masalah selama proses pembelajaran baik disebabkan oleh sarana prasarana ataupun dalam teknik pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang variasi permainan terhadap hasil belajar dribble. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto dengan sampel yang digunakan sebanyak 34 peserta didik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang dibagikan melalui Google formulir. Berdasarkan hasil data analisis mengatakan bahwa persepsi peserta didik tentang variasi permainan mendapatkan respon yang baik, peserta didik lebih senang dan termotivasi mengikuti pembelajaran apabila diberikan banyak variasi permainan. 97% dari total keseluruhan peserta didik mengatakan bahwa mereka senang karena dengan diberikan variasi permainan sehingga materi yang diberikan mudah dipahami.

Kata Kunci: dribble; variasi permainan; bola basket

 

Abstract

Basketball is a team game consisting of 5 people, in basketball it has several basic techniques, one of which is dribble. Game variation is a form of diversity in various activities, both in learning activities and in various forms of play. In the learning process it will not always run smoothly, often problems occur during the learning process either caused by infrastructure or in learning techniques. The purpose of this study was to determine students' perceptions of game variations on dribble learning outcomes. The population in this study were students of class X Senior High School Mojokerto 3rd with a sample of 34 students. Retrieval of data in this study using a questionnaire distributed via google form. Based on the results of the data analysis, it was said that the students' perceptions of game variations got a good response, students were more happy and motivated to take part in learning if there were many game variations. 97% of the total students said that they were happy because they were given a variety of games so that the material provided was easy to understand.

Keywords: dribble; game variation; basketball

Published
2020-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 125