PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN LATIHAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA

  • Fajar Abrianto Nugroho Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

Pada pembelajaran penjas terdapat pembelajaran aquatic, diantaranya yaitu renang. Pada pembelajaran renang didapat beberapa macam gaya yaitu gaya Crawl, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Renang gaya dada juga dapat diartikan sebagai renang gaya katak, karena posisi badan yang menyerupai gerakan pada hewan katak pada saat melakukan gerakan renang gaya dada. Pada teknik renang gaya dada terdapat beberapa bagian yang harus di mengerti oleh peserta didik. Untuk membantu memahami teknik dasar renang gaya dada dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan bantuan media Audio  dan Visual. Melalui media Audio  dan Visual dapat mempermudah pemahaman kepada peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Media Audio Visual sangat baik dalam penyampaian informasi karena memiliki dua karakteristik yang menjadi satu yaitu suara dan gambar. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Audio  dan Visual terhadap hasil belajar renang gaya dada peserta didik kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-Experiment) yang menggunakan pendekatan kuantitatif, karena peneliti tidak memberikan perlakuan (control) terhadap sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 33 peserta didik. Besar pengaruh signifikan pemberian materi audio visual dan latihan drill terhadap hasil belajar renang gaya dada pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya adalah dengan memiliki peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 12,8% dan peningkatan hasil belajar psikomotor sebesar 18,3%.

Kata kunci: pembelajaran; renang gaya dada; audio visual

Abstract

In the physical education learning process, there is aquatic learning, one of them is swimming. In swimming, there are several kinds of styles namely Crawl style, breaststroke, backstroke, and butterfly style. Breaststroke swimming can also be interpreted as frog-style swimming because the body position resembles the movement of the frogs during breaststroke swimming In the breaststroke swimming technique, several parts must be understood by students. To make it easier to understand the basic techniques of swimming breaststroke can be done in several ways, one of them with the help of Audio Visual media. Audio-Visual media can facilitate the understanding of students in the learning process takes place. Audio-Visual media is very good in delivering information because it has two characteristics that become one, namely sound and image. The purpose of this study is to know the magnitude of the influence of audio-visual media and drill exercise on learning outcomes of breaststroke swimming in class XI Public Senior High School 18 Surabaya. This type of study is quasi-experimental which uses a quantitative approach, does not provide handling with a sample many 33 students. The data shows that there is a significant difference between audio-visual material and drill exercise on learning outcomes of breaststroke swimming, with an increase in cognitive learning outcomes by 12,8% and with an increase in psychomotor learning outcomes by 18,3%

Keywords: learning; freestyle swimming; audiovisual

Published
2020-12-23
Section
Articles
Abstract Views: 441
PDF Downloads: 459