HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA PEMBELAJARAN PJOK MATERI SENAM LANTAI DI SDN 25 GRESIK

  • Muhammad Rendy Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah suatu pengembangan kemampuan seseorang agar seseorang tersebut bisa mengontrol lingkungan dan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan. PJOK memiliki sebuah peran yang penting karena PJOK memberi kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas siswa. Pembelajaran PJOK tidak hanya bertujuan mengembangkan aspek keterampilan seseorang, tetapi juga mengembangkan aspek pengetahuan serta sikap seseorang, karena aspek-aspek tersebut saling berhubungan satu sama lain. Hasil belajar merupakan suatu indikator yang dapat digunakan untuk memperkirakan tingkat keberhasilan proses belajar. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar aspek pengetahuan dengan aspek keterampilan di UPT SDN 25 Gresik pada pembelajaran PJOK materi senam lantai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non-eksperimental. Sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah 26 siswa UPT SDN 25 Gresik. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 26 siswa. Data penelitian pada penelitian ini adalah nilai ranah pengetahuan dan nilai ranah keterampilan pada materi senam lantai. Peneliti menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar ranah pengetahuan dengan ranah keterampilan pada pembelajaran PJOK materi senam lantai dengan hasil nilai 0,000 < 0,05 dengan sumbangan sebesar 42,1 %

Kata Kunci: hasil belajar; senam lantai; PJOK

Abstract

Education is a development of one's abilities so that someone can control the environment and can fulfill what is needed. Physical education have important roles because PE provides opportunities to express student creativity. Learning PE is not only aimed at developing aspects of one's skills, but also developing aspects of one's knowledge and attitudes, because these aspects are related to one another. Learning outcomes are an indicator that can be used to estimate the confidence level of the learning process. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between the learning outcomes of the knowledge aspect and the skills aspects at Primary School 25 Gresik on learning gymnastic exercise on the PE. The sample in this research 26 students of Primary School 25 Gresik. The technique used for sample selection is cluster random sampling technique. The research data in this study are the domain value of knowledge and the value of the domain of skills in floor exercise material. Researchers analyzed using current product display techniques. The results of this study indicate that there is a difference between learning outcomes in the realm of knowledge with realm skills in learning other gymnastics PE materials with a significance value of 0.000 <0.05 with a contribution of 42.1%.

Keywords: learning outcomes; gymnastic; physical education

 

Published
2020-12-28
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 473