PENGARUH PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK BOLA TERHADAP TINGKAT KEGEMBIRAAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 GEDANGAN

  • Ruri Dian Irlandi Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani terdapat adanya pembelajaran sepak bola, dan pada saat pembelajaran adanya penyajian yang kurang menarik menyebabkannya menurunnya minat pada siswa-siswi terhadap pembelajaran. Di SMP Negeri 2 Gedangan melihat bola yang terbatas dengan melihat siswa-siswinya yang cukup banyak, maka dari itu sarana yang digunakan untuk pembelajaran harus aman agar memperlancar pembelajaran, selain itu dengan melihat siswa-siswi nya yang kurang senang terhadap pembelajaran sepak bola karena sulit mengontrol bola. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran modifikasi permainan sepak bola terhadap tingkat kegembiraan siswa-siswi pada pembelajaran sepak bola. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan memakai randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 68 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok (kontrol dan eksperimen) dan ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kegembiraan siswa. Hasil penelitian pada penerapan modifikasi permainan sepakbola memberikan peningkatan yang positif dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 terhadap kegembiraan siswa SMP Negeri 2 Gedangan dalam mengikuti pembelajaran PJOK, yakni dengan menghasilkan peningkatan 2,05%.

Kata Kunci: modifikasi; sepak bola; kegembiraan

 

Abstract

In physical education teaching and learning activities there is soccer learning, and at the time of learning, there is an unattractive presentation which causes a decrease in student interest in learning. At Junior High School 2 Gedangan seeing a limited ball by looking at the number of students, therefore the means used for learning must be safe in order to facilitate learning, in addition to seeing the students who are not happy with learning soccer because it is difficult to control ball. The purpose of this study was to determine the influence of learning modification of the soccer game on the level of joy of students in learning football. This study used an experimental research type and used a randomized control group pretest-posttest design. The population in this study were all students of class VIII Junior High School 2 Gedangan. The number of samples in this study were 68 students who were divided into two groups (control and experiment) and were determined by cluster random sampling technique. The instrument used was a student joy questionnaire. The results of the research on the application of modification of the game of football gave a positive increase with a significance value of 0.000 <0.05 on the joy of students of Junior High School 2 Gedangan in participating in PJOK learning, namely by producing an increase of 2.05%.

Keywords: modification; soccer; enjoyment

 

Published
2020-12-30
Section
Articles
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 302