PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL (TIMBAL-BALIK) TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI

  • Fandy Anugrah Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

PJOK merupakan mata pelajaran yang dilakukan di luar kelas dan menjadi salah satu mata pelajaran yang harus diperhatikan. Seorang guru harus mampu memberikan informasi, melaksanakan dan mengelola proses pembelajaran termasuk memilih gaya mengajar yang tepat dalam proses belajar mengajar. Dalam permainan bola voli, mayoritas guru secara penuh memberikan instruksi dan penjelasan dalam proses pembelajarannya, sehingga siswa lebih banyak mengikuti apa yang di instruksikan oleh guru membuat keaktifan dan kreativitas siswa terbatasi. Oleh karena itu, guru harus memilih gaya mengajar yang membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan, salah satunya yaitu dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Gaya resiprokal dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan perbedaan karakteristik siswa dalam kemampuan motorik. Dalam gaya resiprokal, tanggung jawab memberikan umpan balik bergeser dari guru ke teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap keterampilan bermain bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah review literatur dari 38 jurnal, 20 diantaranya digunakan sebagai data yang direview dengan kisaran tahun 2010 sampai 2020 serta diambil dari sebelas database (Google Scholar, researchgate, Journal Unnes, e-journal UPI, Journal Unesa, Journal IKIP, ASJP, tandfonline, repository, GCI, JOSSAE). Kesimpulan yang didapatkan adalah Gaya mengajar resiprokal (timbal–balik) berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan bermain bola voli siswa. Pada penerapannya, gaya mengajar resiprokal harus diimbangi dengan memperhatikan kemampuan motorik siswa agar gaya mengajar yang diterapkan dapat berjalan efisien dan efektif. Selain itu, gaya mengajar resiprokal juga mampu meningkatkan motivasi dan kepuasan siswa dalam belajar.

Kata Kunci: PJOK; gaya mengajar resiprokal; keterampilan bermain bola voli

 

Abstract

Physical Education is a subject that is conducted outside the classroom and that is one of the subjects that must be considered. A teacher must be able to provide information, implement and manage the learning process including choosing teaching styles in the learning process. In volleyball learning, many teachers fully provide instructions and explanations in the learning process, so students will follow what is instructed by the teacher that makes student activity and creativity limited. Therefore, the teacher must choose a teaching method that makes students more active in the learning process that can improve skills, one of them uses reciprocal teaching styles. Reciprocal teaching styles can be applied to overcome the problem of differences in characteristics motor skills students. In a reciprocal styles, the responsibility for giving feedback move from the teacher to their peers. The purpose of this research is to determine the effect of reciprocal teaching styles on volleyball playing skills. The method used in this research is literature review from 38 journal, 20 of them were used as data for review with a range of  2010 to 2020 and were taken from eleven databases (Google Scholar, researchgate, Journal Unnes, e-journal UPI, Journal Unesa, Journal IKIP, ASJP, tandfonline, repository, GCI, JOSSAE). The conclusion is reciprocal teaching styles affects the improvement of student volleyball skills. In its application, reciprocal teaching styles must be balanced by looking at students' motor skills so that the teaching styles applied can run efficiently and effectively. In addition, reciprocal teaching styles can also increase student motivation and satisfaction in learning.

Keywords: PJOK, reciprocal teaching styles, volleyball skills

Published
2020-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 943
PDF Downloads: 833