PENERAPAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR HEADING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP N 34 SURABAYA

  • Asrul Sena Sejati Universitas Negeri Surabaya
  • Dony Andrijanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sepak bola merupakan salah satu materi kunci pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan khususnya pada tingkat pendidikan SMP. Peserta didik wajib menguasai keterampilan dasar dalam permainan sepak bola, salah satunya adalah heading. Meskipun heading termasuk keterampilan dasar dalam sepak bola, tetapi keterampilan ini susah dipelajari karena beberapa aspek, salah satunya adalah penggunaan bola yang kurang tepat. Apabila berpedoman pada standar bola yang dipakai dalam sepak bola, maka bola ini dinilai kurang tepat untuk peserta didik pada tingkat SD atau pemula pada tingkat SMP. Minimal bola dapat didesain lebih ringan atau lebih lembut, sebab apabila bola lebih ringan maka tingkat kesulitannya akan lebih rendah dan jika bola lebih lembut maka peserta didik akan lebih bahagia dan tanpa perlu khawatir bola tersebut akan melukai kepala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penerapan keterampilan heading peserta didik di SMP N 34 Surabaya, peneliti akan memodifikasi bola yang digunakan dalam pembelajaran agar peserta didik menjadi terampil dalam melakukan heading serta mengurangi adanya cedera akibat teknik heading yang salah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif.  Peneliti menggunaka dua kelas utntuk penelitian. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMPN 34 Surabaya yang terdiri 8 kelas dan 298 pesertadidik dengan sampel kelas VII A 40 peserta didik sebagi kelompok kontrol dan kelas VII B 39 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes menyundul bola. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh dalam pembelajaran sepak bola sebagai kelompok eksperimen. Hasil Uji-t menunjukkan -14,33 <-2,04 t tabel dengan taraf signifikan 0,00 <0,05 dan persentase sebesar 58,97%. Sedangkan sebagai kelompok kontrol diperoleh hasil uji-t -11,002 <-2,023 dengan taraf signifikan 0,00 <0,05 dan persentase 35,47%. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil peningkatan dari kedua kelompok, dimana kelompok eksperimen meningkat menjadi 58,97% dan kelompok kontrol 35,47%.

Kata Kunci: bola modifikasi; sepak bola; menyundul

 

Abstract

Football in Physical Education subject on Junior High School 34 Surabaya is a learning topic which is required in national K13 Curriculum. Furthermore, students are expected to master basic techniques in football game. One of the technique is heading. Heading in football is a basic technique, but this technique is difficult to learn because some factors, including ball standardization. If we refer to ball standard which is used in football game, the ball is considered to be inappropriate for elementary school or newbie player of junior high school. At least the ball is designed softer and lighter, because when the ball is lighter the difficulty will be less and when the ball is softer students will be happier and they are not afraid to be injured by the ball. The purpose of this research is to   maximize the implementation of heading technique on Junior High school 34 Surabaya. Researcher will modify the ball that is used in the lesson to give influence for students in doing heading technique and reduce injure because of heading technique. This research is an experimental research which is conducted with a quantitative descriptive approach method. The population in this research were students of class VII SMPN 34 Surabaya which consisted of 8 classes and 298 students. Researcher used two classes for this research, first is VII A Class of Junior High school 34 Surabaya as a control class which has 40 students and second is VII B as an experiment group which has 39 students. The research instrument used a heading test. The analysis showed that it has influence in learning football on as an experimental group. T-Test result showed -14,33 < -2,04 t table with significant level 0,00<0,05 and percentage amount 58,97%. Beside, as a control group the result is t-test -11,002<-2,023 with significant level 0,00<0,05 and percentage 35,47%. It can be concluded it has difference enhancement result from these two group, where the experimental group increase to 58,97% and control group 35,47%.

Keywords: modification ball; football; heading

Published
2021-01-13
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 211