HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK MATERI PASSING SEPAKBOLA PADA SISWA SMA NEGERI 1 LAMONGAN

  • Risky Luzuar Irkham Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam dunia pendidikan di sekolah. Pembelajaran PJOK tidak hanya bertujuan mengembangkan aspek keterampilan seseorang, tetapi juga mengembangkan aspek pengetahuan serta sikap seseorang, karena aspek-aspek tersebut saling berhubungan satu sama lain. Hasil belajar merupakan suatu bentuk perubahan yang dialami setiap individu melalui proses belajar dengan hasil perubahan meliputi pengetahuan, sikap, kecakapan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembelajaran teori dan praktik di SMA Negeri 1 Lamongan pada mata pelajaran PJOK materi passing sepakbola. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif non-eksperimental menggunakan metode survei dengan rancangan penelitian korelasi. Sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMA Negeri 1 Lamongan. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah teknik cluster random sampling. Data penelitian pada penelitian ini adalah nilai teori dan praktik pada materi passing sepakbola. Intrumen pada penelitian ini menggunakan nilai atau hasil belajar sepakbola siswa kelas X MIPA. Peneliti menganalisis menggunakan teknik uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan sebesar 42 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara hasil belajar teori dan praktik pada materi passing sepakbola.

Kata Kunci: hasil belajar; teori; praktik; passing sepakbola

 

Abstract

Physical Education, Sports and Health is one of the subjects contained in the world of education in schools. Learning PE is not only aimed at developing aspects of one's skills, but also developing aspects of one's knowledge and attitudes, because these aspects are related to one another. Learning outcomes are a form of change experienced by each individual through the learning process with the results of changes including knowledge, attitudes, skills. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between theoretical and practical learning at State Senior High School 1 Lamongan in PE subject in football passing material. This research is a non-experimental quantitative research using a survey method with a correlation research design. The sample used by researchers in this study were 30 students of State Senior High School 1 Lamongan. The technique used for sample selection is cluster random sampling technique. The research data in this study are the theoretical and practical values ​​of football passing material. The instrument in this study uses the value or learning outcomes of students in X Mathematics and Science class. Researchers analyzed using the correlation test technique. The results of this study indicate a significance value of 0.000 <0.05 with a contribution of 42%, so it can be concluded that there is a strong relationship between theoretical and practical learning outcomes in football passing material.

Keywords:  learning outcomes; theory; practice; passing football

Published
2021-01-14
Section
Articles