STUDI IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SEKOLAH INKLUSI DI KABUPATEN GRESIK

  • Muhammad Sofyan Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penilaian dikenal sebagai sebuah cara mengumpulkan dan mengolah data untuk memperoleh informasi terkait tingkat ketercapaian kemampuan siswa dan tujuan dari pendidikan dengan berbagai alat penilaian yang menghasilkan nilai, baik angka maupun kata-kata. Hasil penilaian dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kesesuaian materi dengan kemampuan siswa dan memperoleh data tentang perkembangan maupun kemajuan belajar siswa guna kelangsungan kegiatan belajar mengajar selanjutnya. Begitu juga penerapan penilaian terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk pendidikan inklusi, diharapkan manfaat serta tujuan sesuai dengan harapan dari sebuah pendidikan itu sendiri, baik untuk siswa, guru, tenaga pendidikan, dan Pemerintah. Sehingga keterlaksanaan sistem penilaian harus disamakan dengan standar penilaian pemerintah yang dimuat dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah guna memahami sistem penilaian dan keterlaksanaan sistem penilaian terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada sekolah inklusi SD Negeri Mriyunan Sidayu di Kabupaten Gresik yang meliputi 5 standar penilaian yaitu:  prinsip penilaian, bentuk penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian, instrumen penilaian. Bentuk penelitian yang dipakai berupa deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimen. Sesuai dengan hasil perolehan data yang telah dilakukan dengan 2 responden yang meliputi guru pendidikan jasmani dan kepala sekolah memperoleh hasil dengan persentase 89,02% sehingga bisa dikatakan sistem dan keterlaksanaan penilaian terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada sekolah inklusi SD Negeri Mriyunan Sidayu di Kabupaten Gresik telah terlaksana dengan sangat baik.

Kata kunci: penilaian; pendidikan jasmani; sekolah inklusi

 

Abstract

Assessment is known as a way of collecting and processing data to obtain information related to the level of students' abilities achievement and the aims of education with a variety of assessment tools that produce score, both numbers and words. The assessment result can be used to determine the suitability of the material with the students’ ability and obtain data about the development and students’ learning progress for the continuity of further teaching and learning activities. In addition, the application of the assessment of physical education, sports, and health subjects in special needs education, it is expected to have benefit and objectives in accordance with education’s goal itself, for the students, teachers, educators and the government. Hence, the implementation of the assessment system must be in accordance with the government assessment standard that is in Permendikbud number 23 of 2016 about Educational Assessment Standards. The aim of this study is to determine the assessment system and the implementation of the assessment system for physical education, sports and health subjects in the special needs school, Elementary School Mriyunan Sidayu in Gresik which includes five assessment standards, namely: assessment principles, assessment form, assessment mechanism, assessment procedure, assessment instrument. The type of the research that is used is quantitative descriptive with non-experimental research design. In accordance with the results of data acquisition that has been done with two respondents which include physical education teacher and school principal obtained result with a percentage of 85.7% thus it can be said that the implementation of the assessment system of physical education, sports, and health subjects in special needs school, SD Negeri Mriyunan Sidayu in Gresik has been done very well.

Keywords: assessment; physical education; special needs school

Published
2021-01-15
Section
Articles