PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN MODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATERI SEPAK TAKRAW

  • Dwi Dika Saputra UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Sudarso Sudarso UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga merupakan suatu proses pendidikan yang menekankan pada aktivitas fisik guna mendapatkan keterampilan individu, antara lain perkembangan fisik, mental, dan juga emosional. Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan guna membangun sebuah semangat menjadi sebuah tindakan atau perilaku yang memuaskan atau memenuhi kebutuhan guna memiliki tujuan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan modifikasi terhadap motivasi belajar materi sepak takraw. Sampel dari penelitian ini sebanyak 27 peserta didik. penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain pada penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh pendekatan modifikasi terhadap motivasi belajar materi sepak takraw siswa kelas V MI Hasyim Asyari Jambangan Candi Sidoarjo. Dibuktikan dengan hasil analisis data dengan SPSS menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 yang berarti terdapat pengaruh karena nilai signifikasi < 0,05 dengan memiliki peningkatan sebesar 37%.

Kata Kunci: Pendekatan Modifikasi, Motivasi Belajar, Sepak Takraw

 Abstract

 Sports physical education is an educational process that emphasizes physical activity in order to gain individual skills, including physical, mental, and emotional development. Motivation to learn is an encouragement to build a spirit into an action or behavior that satisfies or meets a need to have a good goal. This study aims to determine the effect of learning a modified approach on learning motivation in sepak takraw material. The sample of this study was 27 students. Research using this type of quantitative research. The design in this study used a one group pretest-posttest design. Based on the data analysis, it shows that there is an effect of a modified approach on the learning motivation of the fifth-grade students of the class V MI Hasyim Asyari Jambangan Candi Sidoarjo. Evidenced by the results of data analysis with SPSS shows that the significant value is 0.00, which means there is an influence because the significance value <0.05 has an increase of 37%.

Keywords: approach modification, learning motivation, Sepak takraw

Published
2021-01-15
Section
Articles