FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMP MUHAMMADIYAH 5 TULANGAN SIDOARJO

  • Fadhliyah Ollong Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang diikuti oleh siswa sebagai tempat untuk mengembangkan bakat dan minat. Salah satu ekstrakurikuler yang memiliki banyak peminat dan ada di hampir semua jenjang pendidikan adalah ekstrakurikuler pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor yang menentukan prestasi siswa dalam ekstrakurikuler pencak silat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebagai responden adalah 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berupa angket yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa dalam ekstrakurikuler pencak silat yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi siswa dalam pencak silat. Faktor internal seperti motivasi dan kemandirian siswa lebih dominan mempengaruhi prestasi pencak silat daripada faktor eksternal seperti sarana prasarana dan kualitas pelatih.

Kata Kunci: pencak silat; faktor internal; faktor eksternal

 

Abstract

Extracurricular activities are activities outside of class hours that are followed by students as a place to develop their talents and interests. One of the extracurriculars activities that has a lot of enthusiasts and exists at almost all levels of education is the pencak silat extracurricular activity. The purpose of this study was to examine the factors that determine student achievement in pencak silat extracurricular activities. This study uses a survey method using a quantitative approach. As respondents were 30 students who took extracurricular pencak silat at Junior High School Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. The data were collected using a questionnaire in the form of a questionnaire used to determine the factors that affect student achievement in pencak silat extracurricular activities that have been tested for validity and reliability. Data were analyzed using the product moment correlation technique. The results showed that there are internal and external factors that affect student achievement in pencak silat. Internal factors such as student motivation and independence more dominantly influence the performance of pencak silat than external factors such as infrastructure and quality of trainers.

Keywords:  pencak silat; internal factors; external factors

Published
2021-01-15
Section
Articles