HUBUNGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN SEPAKBOLA

  • Dani Cantona Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran PJOK yang didalamnya juga terdapat materi sepakbola, dimana pembelajaran ini diterima untuk menghidupkan dan menyemangati siswa agar proaktif dalam pembelajarannya. Pembelajaran dari guru yang inovatif, dapat menambah wawasan siswa khususnya dalam bidang psikomotor dan kognitif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan hasil belajar kognitif dan psikomotor pada pembelajaran PJOK materi sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif non eksperiment serta menggunakan metode meta-analisis, desain dalam penelitian ini menggunakan korelasi yang menggunakan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surabaya, dan sampelnya adalah siswa kelas XI kelas IPS 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan psikomotor sepakbola di SMA Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan uji korelasi pearson. Kesimpulan dari riset artikel ini adalah hasil pengujian koefisien korelasi menunjukkan hasil korelasi person sebesar 0,505 > r tabel sebesar 0,3246 Atau nilai sig sebesar 0,002 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan (korelasi) dari variabel kognitif dengan variabel psikomotor, dan tingkat derajat hubungan berada pada posisi “sedang”.

Kata Kunci: pendidikan jasmani; kognitif; psikomotor; sepak bola

 

Abstract

Physical education learning in which there is also football material, where this learning is accepted to enliven and encourage students to be proactive in their learning. Learning from innovative teachers can add insight to students, especially in the psychomotor and cognitive fields. The purpose of this study was to determine the relationship between cognitive and psychomotor learning outcomes in learning physical education football material. The method used in this research is quantitative non-experimental and uses meta-analysis methods. The design in this study uses correlation using two or more variables. The population in this study were students of class XI state high school 8 Surabaya, and the sample was students of class XI class of social 1, totaling 36 students. The instrument in this study was the cognitive and psychomotor learning outcomes of football at State Senior High School 8 Surabaya. This study uses data analysis techniques using the Pearson correlation test. The conclusion of this research article is that the results of the correlation coefficient test show the results of the person correlation of 0.505> r table of 0.3246 or the sig value of 0.002 <0.05. It can be concluded that there is a relationship (correlation) of cognitive variables with psychomotor variables, and the degree of relationship is in the "medium" position.

Keywords: physical education; cognitive; psychomotor; football

Published
2021-01-15
Section
Articles