HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEORI DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA

  • Achmad Dani Setyabudi Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan berkaitan erat dengan teori untuk menambah pengetahuan siswa dan praktik untuk meningkatkan keterampilan siswa. Hal tersebut digunakan untuk mendukung aspek kognitif dan praktik siswa selama menempuh pendidikan. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sangat berkaitan erat dengan aspek kognitif dan psikomotor siswa. SMA Negeri 2 Kota Mojokerto dalam memberikan pendidikan pengetahuan dan praktik pada siswanya dirasa kurang membangkitkan siswa untuk melakukan praktik dari hasil pengetahuan yang diperolehnya pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar teori dengan hasil belajar praktik passing pada permainan sepakbola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto yaiu sebanyak 1.097 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas MIPA 1 dan MIPA 2 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto dengan jumlah sampel siswa sebanyak 72 siswa. Instrumen yang digunakan adalah data hasil belajar berupa nilai pengetahuan sebagai hasil belajar teori dan nilai praktik sebagai data hasil belajar praktik. Hasil penelitian adalah adanya hubungan antara hasil belajar teori dengan hasil belajar praktik siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto r-hitung (nilai Pearson Correlation) yang diperoleh sebesar 0,358. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa antara hasil belajar teori dan hasil belajar praktik passing sepakbola oleh siswa SMA Negeri 2 Mojokerto memliki hubungan satu sama lain dengan tingkat hubungan yang lemah.

Kata Kunci: nilai teori; nilai praktik; passing sepakbola

 

Abstract

Education related with theory which increase student knowledge and practice which improve student skills. This is used to support the cognitive and practical aspects of students during their education. Study of Physical Education, Sports and Health (PJOK) is closely related to the cognitive and psychomotor aspects of students. SMA Negeri 2 Kota Mojokerto on its providing education about knowledge and practice to its students is deemed less arousing students to practice from the results of the knowledge they have acquired in PJOK subjects. This study aims to determine the relationship between theoretical learning outcomes and practical passing results in soccer games. This research is a quantitative research with a survey method using a collaborational research design. The population in this study were 1,097 students of SMA Negeri 2 Mojokerto yaiu. While the sample in this study used a stratified random sampling technique. The classes selected as samples were the MIPA 1 and MIPA 2 classes at SMA Negeri 2 Mojokerto with a total sample of 72 students. The instrument used was the learning outcome data in the form of the value of knowledge as a result of learning theory and the value of practice as the result of practical learning. The result of this research is that there is a relationship between theoretical learning outcomes and practical learning outcomes of students at SMA Negeri 2 Kota Mojokertor-count (Pearson Correlation value) which is obtained at 0.358. Based on these results it can be concluded that between the theoretical learning outcomes and the learning outcomes of soccer passing practice by SMA Negeri 2 Mojokerto students have a relationship with one another with a weak level of relationship.

Keywords:theory learning outcomes; practice learning outcomes; football

Published
2021-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 313
PDF Downloads: 310