PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DAN KELAS XI JURUSAN IPS

  • Nugroho Hadi Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Taufik Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga (PJOK) merupakan bagian penting dari pendidikan. Adanya bidang studi PJOK di semua jenjang pendidikan diharapkan membantu peserta didik untuk mempunyai kebugaran jasmani yang baik. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan setiap individu untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa kelelahan yang berarti. Kehidupan setiap individu yang berbeda satu sama lain menuntut kebugaran jasmani yang ideal agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani berdasarkan artikel-artikel yang telah direview. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode literature review atau tinjauan pustaka, yaitu penelitian dengan mengkaji secara mendalam penelitian sebelumnya pada suatu topik yang hendak diteliti. Penelitian ini menggunakan 22 sumber literatur dengan kisaran 10 tahun terakhir, 16 diantaranya digunakan sebagai data yang direview. Data diambil dari lima database (google scholar, researchgate, jurnal unimed, ejournal unesa, dan jurnal sinta) menggunakan kata kunci “Kebugaran Jasmani” dan “Physical Fitness”. Berdasarkan hasil review beberapa penelitian sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani setiap orang berbeda. Perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor internal seperti genetik, umur dan jenis kelamin dan faktor eksternal seperti aktivitas fisik, kelelahan, lingkungan. Tingkat kebugaran seseorang dapat dikatakan baik apabila setiap komponen kebugaran jasmani dalam kategori baik.

Kata Kunci: pendidikan jasmani; tingkat kebugaran jasmani; siswa IPA dan IPS

 

Abstract

Physical Education, Health and Sports (PJOK) is an important part of education. The existence of a field of physical education and health at all levels of education is expected to help students to have good physical fitness. Physical freshness is the ability of each individual to carry out daily activities without significant fatigue. The life of each individual who is different from one another demands ideal physical fitness so that they can carry out their daily activities optimally. The purpose of this study was to determine differences in the level of physical fitness based on the articles that have been reviewed. The method used in this study is the literature review method, namely research by critically evaluating previous research on a topic to be studied. This research using 22 literature sources with a range of the last 10 year, 16 of which are used as data that are reviewed and retrieved from five database (google scholar, researchgate, jurnal unimed, ejournal unesa, dan jurnal sinta)using a keyword “Kebugaran Jasmani” and “Physical Fitness”. Based on the results of a review of several previous studies, it can be concluded that the physical fitness level of each person is different. These differences can be caused by various factors, including internal factors such as genetics, age and sex and external factors such as physical activity, fatigue, and the environment. A person's fitness level can be said to be good if every component of physical fitness is in a good category.

Keywords: physical education; physical fitness; students of science program and social program

Published
2021-01-17
Section
Articles