HUBUNGAN LITERASI KESEHATAN DENGAN POLA HIDUP SEHAT SISWA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Abdul Rohman Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pola hidup sehat merupakan suatu keadaan mental, fisik serta kesejahteraan sosial yang memungkinkan setiap individu hidup produktif untuk melengkapi standar hidup sehat. Ada beberapa cara agar bisa meningkatkan pengetahuan terkait pola hidup sehat salah satunya yaitu dengan memperbanyak literasi terkait kesehatan. Literasi kesehatan ialah suatu kemampuan seseorang dalam memahami, menilai, mengakses dan mengevaluasi suatu informasi kesehatan sebagai salah satu cara agar meningkatkan serta menjaga tubuh. Literasi kesehatan yang rendah akan dapat mempengaruhi banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan seperti halnya melakukan perawatan kesehatan yang kurang tepat dan minimnya pengetahuan terkait kesehatan hal tersebut dapat menyebabkan kualitas kesehatan menjadi buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan literasi kesehatan dengan pola hidup sehat siswa SMP di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang menghubungkan satu atau lebih variabel bebas dengan satu variabel terikat. Instrumen dalam penelitian ini, literasi kesehatan menggunakan angket HLS-EU-Q16, Newest Vital Sign, dan pola hidup sehat dengan Skala Pola Hidup Sehat. Populasi yang dipilih adalah SMPN 19 Surabaya berjumlah 482 siswa dengan sampel difokuskan pada kelas IX sebanyak 219 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi gamma dan persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan literasi kesehatan menurut persepsi dengan pola hidup sehat siswa SMP di masa pandemi covid-19 dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05 dengan sumbangan sebesar 22%. Sedangkan untuk literasi kesehatan berdasarkan fungsional menunjukkan hasil tidak ada hubungan dengan nilai signifikan 0.182 > 0.05 dengan sumbangan sebesar 7.5%.

Kata Kunci: literasi kesehatan; pola hidup sehat; siswa SMP

 

Abstract

A healthy lifestyle is a state of mental, physical and social welfare that allows individuals to live productively and fulfill the standard of healthy living. There are several ways to increase knowledge related to a healthy lifestyle, one of which is by increasing health literacy. Health literacy is a person's ability to understand, assess, access and evaluate health information as a way to improve and maintain the body. Low health literacy will affect many things related to health such as improper health care and poor health quality caused by lack of health-related knowledge. The purpose of this study is to determine the relationship between health literacy and healthy lifestyle of junior high school students during the Covid-19 pandemic. This quantitative study uses correlational design to find correlation between one or more independent variables with one dependent variable. The instrument used in this research is HLS-EU-Q16 and Newest Vital Sign questionnaire to study the health literacy, and Healthy Lifestyle Scale to study student’s healthy lifestyle. The population of this study are junior high school with 482 students in SMPN 19 Surabaya and the sample used is 219 students from grade IX. The data analysis using Gamma Correlation Test and its percentage found that there is a correlation between student’s perception of health literacy and healthy lifestyle of junior high school students during the Covid-19 pandemic with a significant value of 0.000 <0.05 and a contribution of 22%. Meanwhile, for the functionality of health literacy, the results showed no relationship with a significant value of 0.182 > 0.05 and a contribution of 7.5%.

Keywords: health  literacy; healthy lifestyle; junior high school student

Published
2021-01-19
Section
Articles