HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • Cahyo Suwandaru Universitas Negeri Surabaya
  • Taufik Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berperan besar bagi pendidikan di sekolah terutama pada pendidikan karakter siswa dan memiliki tujuan kognitif, psikomotor dan afektif. Termasuk aktivitas fisik berperan penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologi. Aktivitas fisik dapat memberikan dampak yang positif untuk pelajar karena kebugaran jasmani merupakan hal yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar. Dimana prestasi belajar adalah suatu hasil yang dicapai oleh seorang siswa melalui proses berpikir setelah melalui pembelajaran yang harus dilakukan dan diterima siswa. Meliputi aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif. Aktivitas fisik adalah sebuah penopang yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mencapai suatu kondisi kesehatan yang baik sehingga dapat berkontribusi dalam proses pembelajaran dan akan berpengaruh pada suatu pencapaian prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMK Negeri 1 Surabaya dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah 35 siswa kelas X AKL 3. Pengumpulan data menggunakan kuesioner IPAQ (International Physical Activity Questionnaire) dan rapor siswa. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan Chi-Square Correlation. Setelah melakukan analisis hasil menerangkan tidak ada relasi atau hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,730 > 0,05.

Kata Kunci: aktivitas fisik; prestasi belajar; IPAQ

Abstract

Physical education, sports and health play a major role in education in schools, especially in character education for students and has cognitive, psychomotor and affective goals. Including physical activity plays an important role in maintaining physical and psychological health. Physical activity can have a positive impact on students because physical fitness is important to improve learning achievement. Where learning achievement is a result achieved by a student through a process of thinking after going through learning that must be done and accepted by students. Covers cognitive aspects, psychomotor aspects and affective aspects. Physical activity is a support that must be applied in everyday life in order to achieve a good health condition so that it can contribute to the learning process and will have an effect on achievement. This research is a correlational study which aims to determine whether there is a relationship between physical activity and learning achievement in students of vocational high school 1 Surabaya. The population in this study were all class 10 vocational high school 1 Surabaya which was selected using cluster random sampling technique. In this study, the sample used was 35 students of class 10 AKL 3. Collecting data using the IPAQ (International Physical Activity Questionnaire) questionnaire and student report cards. After the data is collected, the data is analyzed using Chi-Square Correlation. After analyzing the results, it was explained that there was no significant relationship or relationship between physical activity and student achievement. This is evidenced by the significance value of 0.730> 0.05.

Keywords: physical activity; learning achievement; IPAQ

Published
2021-01-19
Section
Articles