PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBLLE BOLABASKET (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sampang)

  • Mafruhah Mafruhah Universitas Negeri Surabaya
  • Bernard Djawa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Role playing atau metode sosiodrama adalah suatu bentuk metode replikasi yang umumnya sebagai dukungan untuk pendidikan dari gerakan seseorang. Metode ini mengaitkan individu gerakan manusia dan aksi perorangan atau interaksi antar perorangan tersebut dalam karakter kegiatan. Metode role playing ini membuat siswa melakukan praktik sesungguhnya, pengamatan gerak menyamakan diri dengan pelaku, menanggapi perilaku pemain dan pengkajian, penilaian serta pengulangan pada tujuan-tujuan dan penerapan teknik tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sampang. Bentuk penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan menjalankan strategi kuantitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 22 siswa. Pengambilan data dengan aturan memakai 2 aspek penilaian, antara lain aspek pengetahuan dan keterampilan sebagai pre-test dan post-test pada permainan bola basket. Hasil penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang signifikan dengan hasil uji t menunjukkan bahwa aspek pengetahuan adalah 33,984 > 2,080 memiliki nilai yang signifikan r sebesar 0,00 < 0,05 dan aspek keterampilan 14,255 > 2,080 dan kedua aspek memiliki nilai yang signifikan r sebesar 0,005 < 0,05 dan besar peningkatan hasil belajar dribble bola basket kelas XI SMA Negeri 2 Sampang pada aspek pengetahuan sebesar 75,34%, sedangkan peningkatan pada aspek keterampilan sebesar 36,05%.

Kata Kunci: roleplaying; hasil belajar; dribble; bola basket

 

                                                                                   Abstrack

Role playing or the sociodrama method is a form of replication method that is generally used as support for education from one's movements. This method links individual human movement and individual action or interaction between these individuals in the character of the activity. This role-playing method makes students do actual practice, observing the movements of equating themselves with the actors, responding to the player's behavior and assessment, assessment and repetition of the objectives and application of these techniques. The purpose of this study was to determine the effect and magnitude of the influence of the role-playing method on learning outcomes of basketball dribbling in class XI students of State Senior High School 2 Sampang. The form of quasi-experimental research is a quantitative strategy. There were 22 students who were the research subjects. Retrieval of data with the rules using 2 aspects of assessment, including aspects of knowledge and skills as a pre-test and post-test in basketball games. The results of this study have a significant influence with the results of the t test showing that the knowledge aspect is 33,984> 2,080 has a significant value r of 0,00 <0,05 and the skills aspect is 14,255 > 2,080 and both aspects have a significant value r of 0,005 < 0,05 and the magnitude of the increase in dribble learning outcomes for basketball in class XI at State Senior High School 2 Sampang in the knowledge aspect was 75,34%, while the increase in the skills aspect was 36,05%.

Keywords: role playing; learning outcomes; dribble; basketball

Published
2021-01-20
Section
Articles