PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ANTARA SISTEM KREDIT SEMESTER DAN REGULER MADRASAH ALIYAH NEGERI BANGKALAN

  • Hasan Mubarok Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Wabah virus Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization), banyak negara yang harus menerapkan physical distance sebagai upaya pencegahan penularan virus covid-19 termasuk Indonesia, sehingga banyak bidang yang harus menyesuaikan dengan kebijakan tersebut, salah satunya di bidang pendidikan, sistem pendidikan Indonesia terpaksa dihadapkan pada situasi yang berbeda, salah satunya adalah proses belajar mengajar yang semula dilakukan dengan tatap muka kini harus dilakukan dengan pembelajaran daring (online) agar mengurangi interaksi langsung. Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang terbiasa dengan proses pembelajaran tatap muka di lapangan karena mata pelajaran PJOK lebih ditekankan pada aktivitas gerak kini harus dimodifikasi sedemikian rupa agar pembelajaran berjalan tetap efektif dan memperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar program Satuan Kredit Semester (SKS) dengan program reguler serta mengetahui hasil belajar manakah yang lebih baik antara program SKS dan program reguler setelah melakukan pembelajaran daring. Dengan mengetahui hal tersebut guru PJOK diharapkan dapat mengevaluasi efektivitas proses pembelajaran daring yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini adalah non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan Jawa Timur dengan sampel siswa program SKS dengan jumlah 19 siswa dan program Reguler dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dari program SKS dan program Reguler dengan berdasarkan hasil uji statistik (Sig 0,000<0,05). Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa program SKS memiliki hasil belajar lebih baik dari pada program Reguler dengan nilai mean program SKS 91,68 dan program Reguler 89,73.

Kata Kunci: hasil belajar; program SKS; program reguler

Abstract

The Covid-19 virus outbreak is designated as a pandemic by the WHO (World Health Organization), many countries must implement physical distances as an effort to prevent the transmission of the Covid-19 virus, including Indonesia, so that many areas must adjust to this policy, one of which is in the field of education, The Indonesian education system is forced to face different situations, one of which is that the teaching and learning process, which was initially carried out face-to-face, now has to be carried out with online learning to reduce direct interaction. Physical Education, Sports and Health (PE) teachers who are accustomed to the face-to-face learning process in the field because PE subjects are more emphasized on movement activities must now be modified in such a way so that learning runs effectively and obtains good learning outcomes. The purpose of this study was to determine the difference in learning outcomes of the Semester Credit Unit (SKS) program with the Regular program and to find out which learning outcomes were better between the SKS program and the Regular program after doing online learning. By knowing this, PE teachers are expected to be able to evaluate the effectiveness of the online learning process that has been carried out. This type of research is non-experimental with a quantitative descriptive approach. The population of this study were students of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan, East Java, with a sample of 19 students in the SKS program and 19 students in the Regular program. Data collection techniques using documentation. The data analysis technique used is the free sampel t test. The results showed that there were differences in learning outcomes from the SKS program and the Regular program based on the results of statistical tests (Asymp. Sig 0,000<0,05). Thus, it can be interpreted that the SKS program has better learning outcomes than the Regular program with a mean value of 91.68 SKS programs and 89.73 Regular programs.

Keywords: learning outcomes; credit program; regular program

Published
2021-01-20
Section
Articles