PENGARUH LATIHAN ROBOTIC TERHADAP HASIL KETERAMPILAN CHOP PERMAINAN TENIS MEJA

  • Moh. Husnol Yakin UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Dony Andrijanto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah dikenal dan banyak digemari. Perkembangan tenis meja di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perkumpulan-perkumpulan tenis meja yang berdiri, serta banyaknya pertandingan tenis meja. Sekolah merupakan suatu wadah untuk mendidik dan mengembangkan potensi yang ada pada siswa untuk meraih prestasi dengan mengikuti kegiatan dalam jam pelajaran sekolah (intrakurikuler) maupun kegiatan diluar jam sekolah (ekstrakurikuler). Ekstrakurikuler diperlukan untuk meningkatkan kemampuan, baik individu maupun kelompok dalam berbagai macam cabang olahraga, salah satunya tenis meja. Salah satu satuan pendidikan yang mempunyai ekstrakurikuler tenis meja adalah SMP Negeri 6 Pamekasan. Salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan salah satu keterampilan chop forehand dan backhand adalah dengan menggunakan metode robotic. Pernyataan ini didukung oleh hasil penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis berupa mean, standar deviasi, varian, uji normalitas, uji t, uji sampel dan peningkatan. Terbukti menggunakan latihan robotic dapat meningkatkan keterampilan chop forehand dan backhand pada siswa di ekstrakurikuler tenis meja SMP Negeri 6 Pamekasan. Hasil analisis data penelitian yang terdiri dari 20 sampel peserta ekstrakurikuler bahwa ada peningkatan yang berpengaruh signifikan pada metode latihan robotic terhadap keterampilan chop forehand dan backhand. Hasil analisis data penelitian chop forehand dan backhand tenis meja di SMP Negeri 6 Pamekasan bahwa ada peningkatan yang signifikan pengaruh latihan Robotic terhadap keterampilan chop forehand 35,9335% sedangkan chop backhand 29,7165%.

Kata Kunci : tenis meja; chop; robotic.

Abstract

Table tennis is one of the well-known sports that has a lot of interest and enthusiasts. Also experiencing good development in country, this can be seen from the many established table tennis societies, as well as many table tennis tournaments held. As is well known that school is a place to educate and develop the potential of students by following activities in school hours and activities outside school hours that commonly called extracurricular. In this case, extracurricular is necessary to improve skills in both individuals and group in various sports. One of the activities that will be discussed is about the table tennis. SMP 6 Pamekasan is one of the junior high schools in Pamekasan district that organize weekly table tennis extracurricular. One of the effective training methods in order to improve students' skills in performing forehand and backhand chop skills is to use the Robotic method. This statement is supported by the results of this study using quantitative methods with analytical techniques in the form of mean, standard deviation, variance, normality test, t test, sample test and improvement. These methods are proven to improve the student’s ability of executing forehand and backhand chop during the training in school. The results of data analysis consisting of 20 samples showed a significant increase using robotic practice methods for forehand and backhand chop skills. Result analysis research data of robotic training on result of chop ability in table tennis at Junior High School 6 Pamekasan that is a enhancement significant the effect of robotic chop forehand 35,9335% while chop backhand 29,7165%.

Keywords: table tennis; chop; robotic.        

Published
2021-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 265