PENERAPAN SMALL SIDE GAMES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

  • Agas Corry Fernando Universitas Negeri Surabaya
  • Sasmita Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran merupakan suatu interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Dalam pembelajaran terdapat mata pelajaran wajib, yang salah satunya adalah Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga. Sepakbola merupakan salah satu materi yang masuk dalam kompetensi dasar bola besar yaitu permainan beregu yang beranggotakan 11 orang pemain inti. Dalam permainan sepakbola, passing merupakan teknik utama yang digunakan dalam melakukan operan terhadap rekan satu tim. Namun dalam proses pembelajaran, peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan passing. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai teknik dasar passing dalam permainan sepakbola. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, digunakan penerapan small side games karena dengan ukuran lapangan yang relative lebih kecil, sehingga peserta didik memiliki kesempatan lebih banyak dalam melakukan passing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh dan peningkatan hasil belajar passing dalam sepakbola melalui penerapan small side games. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara review literature yang didapat dari 6 narasumber peneliti yang diambil dari beberapa database ( Google Scholar, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Ejournal Unesa, Ejournal Upi, Indonesian Journal of Physical Education,  Sinta Ristekbrin, Educational Research International, CAPEU) yang menunujukan hasil dari review tersebut, yang disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh dan peningkatan hasil belajar penerapan small side games terhadap hasil belajar passing kaki bagian dalam yang signifikan.   

Kata Kunci: passing; small side games; pembelajaran

Abstract

Learning is an interaction between students and educators. In learning there are compulsory subjects, one of them is  Physical Education, Health and Sports. Football is one of the materials included  basic competence of big balls. In general, a team game consisting of 11 core players. In soccer games, passing is the main technique used passes against teammates. However, in the learning process, students often have trouble in passing. This is due to a lack of knowledge regarding the basic techniques of passing in soccer. To improve student learning outcomes, it have to used small side games  cause the field size is relatively smaller, so that students have more opportunities to pass. The purpose of this study was to see  there is an influence and increase from learning outcomes in soccer passing through application of small side games. Collecting data in this study used a literature review method obtained from 6 research sources, it taken from several databases (Google Scholar, Journal of Sports and Health Education, Ejournal Unesa, Ejournal Upi, Indonesian Journal of Physical Education, Sinta Ristekbrin, Educational Research International, CAPEU. ) We can conclude that the results of review is there is influence and  increase from learning outcomes the application of small side games  in inner leg passing significant

Keywords: passing; small side games; learning

Published
2021-01-20
Section
Articles