PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA

  • Anang Yachya Fajri Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan ujung tombak dalam pembangunan masa depan bangsa, oleh karena itu pembelajaran harus dilakukan sesuai tujuan pendidikan. Permasalahan pokok yang sering ditemukan pada saat pembelajaran PJOK khususnya pada materi gerak dasar dribbling sepak bola di SMKN 02 Singosari yaitu siswa sering merasa jenuh, kesulitan dan prasarana yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan modifikasi terhadap hasil belajar dribbling sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan Randomized Control Group Pretest-Postest design. Populasi penelitian ini menggunakan siswa kelas XI SMKN 02 Singosari sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI Mekatronika 1 dan XI Multimedia 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. instrumen yang digunakan adalah rubik penilaian tes dribbling zig-zag Teknik pengumpulan data adalah dengan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan modifikasi terhadap hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa kelas XI Mekatronika 1 dan XI Multimedia 1 SMKN 02 Singosari, dibuktikan dengan nilai Thitung 10,19 lebih besar dari Ttabel 1,6905 dengan persentase pengaruh sebesar 7,5 %. Kesimpulan dari hasil tersebut bahwa modifikasi permainan yang saya terapkan dapat memberikan peningkatan pada hasil dribbling.

Kata Kunci: permainan modifikasi; hasil belajar; sepak bola

Abstract

Education is a spearhead in the future development of the nation, therefore learning must be done in accordance with educational purposes. The main problem that is often found during Physical Education learning, especially in the basic motion material of football dribbling at Vocational High School 02 Singosari is that students often feel saturated difficulties and poor infrastructure that is less supportive. The study aims to determine the effect of implementing a modification game approach to learning outcomes of football dribbling. This research uses purely experimental methods using the Randomized Control Group Pretest-Postest design. The population of the research is a class of students of XI Vocational High School 02 Singosari A sample of research is the students of class XI Mekatronika 1 and XI Multimedia 1 as a group of experiments and control groups. The instrument used is the Rubik of the zig-zag dribbling test assessment technique of data collection is with pre-test and post-test. Based on the results of the analysis of the data from this research, it can be said that there are influences of the implementation of the game approach modification of the results of learning the football dribbling in class XI Mekatronika 1 and XI Multimedia 1 Vocational High School 02 Singosari, evidenced With a value of Ttest 10.19 greater than Ttable 1.6905 with a percentage of influence of 7.5%. The conclusion from these results is that the game modifications that I have implemented can improve the dribbling results.

Keywoard: modification approach; learning outcomes; football

Published
2021-01-20
Section
Articles