KORELASI ANTARA HASIL NILAI TEORI DAN HASIL NILAI PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW

  • Jimmy Kartika Duwi Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tidak kalah pentingnya dari kebutuhan yang lain. Untuk mencapai tujuan pendidikan maka suatu proses pembelajaran harus berjalan dengan lancar.rapa komponen yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran salah satunya yaitu pendekatan pembelajaran.roses pembelajaran, guru atau pendidik harus memperhatikan pendekatan pembelajaran yang menjadi hasil dari capaian tujuan pembelajaran. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) memiliki sebuah tujuan untuk memengaruhi motivasi dan sikap internal siswa terhadap kegiatan fisik serta mendorong mereka untuk aktif secara fisik sepanjang hari. Adapun beberapa faktor yang bisa mendorong agar siswa mengikuti pembelajaran PJOK dengan perasaan senang adalah inovasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya khususnya diranah psikomotor dan kognitif. Di dalam pembelajaran PJOK diantaranya ada olahraga sepak takraw yang masuk dalam lingkup permainan bola besar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Srengat Blitar dengan sampel penelitian yaitu kelas VII A dengan jumlah 29 siswa, untuk menentukan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya korelasi kuat antara nilai teori dan nilai praktik ada pembelajaran sepak takraw dengan dibuktikan nilai signifikan pada uji korelasi yang dilakukan sebesar 0,04 lebih kecil dari alpha (0,05). Kedua korelasi antara hasil nilai teori dan hasil nilai praktik pada pembelajaran sepak takraw dengan nilai koefisien determinasi atau sumbangan sebesar 26.6 %

Kata Kunci: korelasi; teori dan praktek; sepak takraw

 

Abstract 

Education is a need that is no less important than other needs. To achieve educational goals, a learning process must run smoothly. There are several components that support the success of the learning process, one of which is the learning approach. In the learning process, teachers or educators must pay attention to the learning approach that is the result of the achievement of learning objectives. Physical Education Sport and Health has a purpose to influence students' internal motivation and attitudes towards physical activity and encourage them to be physically active throughout the day. Some of the factors that can encourage students to take part in learning Physical Education Sports and Health with joy are learning innovations applied by the teacher, so that students can improve their learning outcomes, especially in the psychomotor and cognitive realms. In learning Sports and Health Physical Education includes the sport of takraw which is included in the scope of big soccer games. This research was conducted at Junior High School 3 Srengat Blitar with the research sample, namely class VII A with a total of 29 students, to determine the sample using cluster random sampling technique. The conclusion of this study is that there is a strong correlation between the theoretical value and the practical value of football takraw learning, as evidenced by the significant value in the correlation test conducted which is 0.04 smaller than alpha (0.05). Second, the correlation between the results of the theoretical value and the results of the practical value in football learning with the coefficient of determination or contribution of 26.6% 

Keywords: correlation; theory and practice; sepak takraw

Published
2021-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 69