PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET

  • Angger Wahyu Nuswantara Adi Rachman UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Dwi Cahyo Kartiko UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan tentang kebugaran, pola hidup sehat, serta keterampilan gerak. Dalam pendidikan olahraga sangat membutuhkan sarana prasarana yang memadai untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Selain saranan prasarana peran guru juga sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran peserta didik. Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu menentukan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran terdapat beberapa jenis salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap ketuntasan belajar shooting bola basket. Desain yang digunakan adalah literatur review. Penelitian ini menggunakan metode review literatur. Berdasarkan hasil review literatur dari beberapa sumber dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian model pembelajaran TGT dapat meningkatkan ketuntasan belajar shooting bola basket, karena dalam model pembelajaran tersebut peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut membuat peserta didik bertanggungjawab dan dapat berkerjasama dalam tim untuk mencapai target yang telah ditentukan. Secara tidak langsung peserta didik dituntut untuk menguasai materi yang diberikan melalui permainan sehingga pembelajaran diciptakan dengan suasana yang menyenangkan dan peserta didik akan lebih mudah untuk menyerap materi yang diberikan.

Kata Kunci: teams games tournament (TGT), shooting, bola basket

 

Abstract

Physical education is one of the subjects that teaches about fitness, healthy lifestyles, and movement skills. In sports education, adequate infrastructure is needed to support the success of the learning process. In addition to infrastructure suggestions, the role of the teacher is also very important for the success of student learning. The role of the teacher in the learning process is to determine the appropriate learning model with the characteristics of students. There are several types of learning models, one of which is the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model. This study aims to determine the effect of the TGT cooperative learning model on completeness in learning shooting basketball. The design used is a literatur review. This study uses a literatur review method. Based on the results of the literatur review from several sources, it can be concluded that the provision of the TGT learning model can improve learning completeness in basketball shooting, because in this learning model students are required to play an active role in learning. This learning model makes students responsible and able to work together in teams to achieve predetermined targets. Indirectly, students are required to master the material provided through games so that learning is created with a pleasant atmosphere and students will find it easier to absorb the material provided.

Keywords: teams games tournament (TGT), shooting, basketball.

Published
2021-01-20
Section
Articles