PENGARUH MEDIA SHUTTLECOCK GANTUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN LOB FOREHAND BULUTANGKIS

  • Muhammad Fachry Al Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan. Dengan adanya pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) disekolah maka pengenalan teknik dasar cabang olahraga perlu diketahui oleh siswa. Media pembelajaran memiliki peran atau fungsi sebagai komponen dari suatu sistem pembelajaran yang sama pentingnya dengan komponen pembelajaran lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil media shuttlecock gantung untuk meningkatkan pukulan forehand bulutangkis dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan One Sample Pretest Postest Design sebagai desain penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Cerme-Gresik, dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Yang mana jumlah sampel 1 kelas sebanyak 30 siswa. Pada penelitian ini pengambilan data menggunakan tes keterampilan pukulan forehand bulutangkis, dimana tes ini digunakan sebelum perlakuan media shuttlecock gantung dan sesudah perlakuan media shuttlecock gantung. Analisis data menggunakan uji t sampel sejenis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media shuttlecock gantung dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand bulutangkis siswa. Menurut hasil uji paired t-test bahwa pengaruh penggunaan media shuttlecock gantung terhadap hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada materi lob forehand bulutangkis pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Cerme Gresik berdasarkan peningkatan persentase keterampilan yaitu sebesar 47,02% dan aspek pengetahuan sebesar 31,74%.

Kata Kunci: media shuttlecock gantung; permainan bulutangkis; hasil belajar pukulan forehand

 

Abstract

Physical education, sports and health play an important role in development and growth. With Sport physical education and health in schools, students need to know about the introduction of basic sports techniques. Learning media has a role or function as a component of a learning system that is as important as other learning components. The purpose of this research is to describe the results of hanging shuttlecock media to improve badminton forehand hitting in Sport physical education and health learning. This research is an experimental study using One Sample Pretest Postest Design as the research design. This research was conducted at vacation high school 1 Cerme-Gresik, and the sample was taken using cluster random sampling. Which is the number of students in the class there are 30 students. In this study, data collection used a badminton forehand stroke skill test, where this test was used before the hanging shuttlecock media treatment and after the hanging shuttlecock media treatment. Data analysis technique by paired t-test. Based on the research results, it is known that the use of hanging shuttlecock media can improve student learning outcomes for badminton forehand strokes. According to the results of the paired t-test that the effect of using hanging shuttlecock media on student learning outcomes in participating in Sport physical education and health learning on badminton forehand lob material in class X vacation high school 1 Cerme-Gresik is based on an increase in the percentage of skill aspects, namely 47.02% knowledge of 31.74%.

Keywords: hanging shuttlecock media; badminton game; learning outcomes forehand strokes

Published
2021-01-20
Section
Articles