RESPON ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING KHUSUSNYA MATA PELAJARAN PJOK

  • Nur Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 membuat sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau disebut daring. Pembelajaran secara daring membuat beberapa orang tua mengalami kendala, seperti orang tua kurang memahami sistem daring, orang tua harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kuota, dan pekerjaan orang tua harus tertunda karena harus membimbing dan mengawasi anaknya ketika pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon orang tua siswa terhadap pembelajaran daring khususnya mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas IV SD Negeri Kandangan III Surabaya yang berjumlah 69 responden yang terdiri dari 31 Pria dan 38 Wanita. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah diadopsi dengan melakukan uji validitas dan realibilitas. Uji validitas menyatakan bahwa seluruh pernyataan yang berjumlah 13 dinyatakan valid dan hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai sebesar 0,852. Hasil persentase setiap jawaban terdiri dari sangat setuju 18,6%, setuju 70,3%, kurang setuju 9,4%, dan tidak setuju 2,7%. Berdasarkan hasil persentase tersebut, maka respon orang tua siswa terhadap pembelajaran daring khususnya mata pelajaran PJOK sebagian besar adalah menyatakan setuju.

Kata Kunci: pandemi covid-19; pembelajaran daring; respon orang tua

Abstract

The covid-19 pandemic has made schools carry out distance learning or what is called online. Online learning makes some parents experience problems, such as parents who do not understand the online system, parents have to pay additional costs to buy quotas and parents have to delay work because they have to guide and supervise their children when learning online. This study aims to determine the response of students' parents to online learning, especially in physical education, sports, and health (PJOK) subjects. The research subjects were the parents of the fourth grade students of Kandangan Negeri Surabaya Elementary School, amounting to 69 respondents consisting of 31 men and 38 women. The research design used is a descriptive method with a quantitative approach. The instrument used was a questionnaire that was adopted by testing the validity and reliability. The validity test states that all 13 statements are declared valid and the reliability test results are declared reliable with a value of 0.852. The results of the percentage of each answer consisted of 18.6% strongly agree, 70.3% agree, 9.4% disagree and disagree 2.7%. Based on the results of these percentages, the response of parents to online learning, especially in PJOK subjects, was mostly to agree.

Keywords: covid-19 pandemic; online learning; parental response

Published
2021-01-25
Section
Articles