PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK SELAMA COVID-19

  • Novia Agustina Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) lebih mengarah ke dalam tugas gerak siswa, namun sekarang harus ikut merasakan belajar online yang dilakukan menggunakan gadget. Gadget sendiri memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa, tergantung bagaimana cara penggunaannya. Motivasi belajar juga sangat berpengaruh penting dalam hal ini untuk mengetahui seberapa besar semangat yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19. Khususnya untuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) yang ada di SD Negeri Kandangan III. Peneletian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang mana diukur menggunakan angka nominal untuk menentukan hasil akhirnya. Desain penelitian yang digunakan adalah praeksperimen (preexperimental design) dengan jenis desainnya The One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Peneliti membuat kuesioner yang disebarkan kepada siswa melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada distribusi frekuensi intensitas penggunaan gadget oleh siswa mendapatkan skor tertinggi sebesar 29 dengan persentasenya 44,6% yang berada di kelas interval 18-21. Sedangkan untuk tingkat motivasi siswa juga mendapatkan skor tertinggi sebesar 29 dengan persentasenya 44,6% yang berada di kelas interval 22-24. Pada uji hipotesis mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dari perbandingan thitung dan ttabel, yang mana thitung = 2,143, ttabel = 1,998. Hal ini dapat disimpulkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel, maka terdapat pengaruh positif dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: covid-19; pembelajaran PJOK; gadget; motivasi belajar

 

Abstract

Physical Education, Sports and Health (PJOK) learning is more towards student movement tasks, but now must participate in the experience of online learning done using gadgets. Gadgets themselves have both positive and negative impacts on students, depending on how they are used. Learning motivation is also very important in this case to know how much spirit the students have. The purpose of this study is to find out the influence of the use of gadgets on student learning motivation during the covid-19 pandemic. Especially for students who are still in elementary school (SD) at SD Negeri Kandangan III. This study uses experimental methods with quantitative approaches which are measured using nominal numbers to determine the final result. The research design used is preexperimental design with the type of design The One Shot Case Study. Data collection techniques are carried out using instruments in the form of questionnaire questionnaires measured using a likert scale. Researchers created questionnaires that were distributed to students through google forms. The results showed that in the frequency distribution of gadget use intensity by students got the highest score of 29 with a percentage of 44.6% who were in interval classes of 18-21. As for the motivation level, students also got the highest score of 29 with a percentage of 44.6% who were in the interval class of 22-24. In the hypothesis test obtained the results that there is an influence of the use of gadgets on learning motivation shown from the comparison of thitung and ttabel, which thitung = 2,143, ttable = 1,998. It can be concluded that thitung value is greater than ttabel, so there is a positive influence of the use of gadgets on student learning motivation.

Keywords: covid-19; PJOK learning; gadgets; learning motivation

Published
2021-01-25
Section
Articles