PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MOTIVASI DAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 1 MADIUN

  • Iqnal Maskrisnanta Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran olahraga dapat dilakukan dengan media apapun seperti penerapan menggunakan gawai. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan gawai untuk mengetahui adakah pengaruh gawai untuk motivasi belajar dan efektivitas belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Cara untuk menggumpulkan data dengan cara memberi angket kepada sampel. Hasil penelitian diketahui nilai uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 untuk motivasi belajar dan 0,007 < 0,05 untuk efektivitas belajar, yang berarti ada pengaruh yang signifikan dari angket motivasi belajar dan efektivitas belajar. Sedangkan untuk hasil nilai menggunakan metode independent sample t-test diketahui 0,000 < 0,05 untuk nilai motivasi belajar dan 0,04 < 0,05 untuk hasil efektivitas belajar, yang berarti ada pengaruh yang signifikan dari angket motivasi belajar dan efektivitas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunakan gawai untuk meningkatkan motivasi belajar dan efektif dalam penggunaan gawai untuk pembelajaran.

Kata Kunci: gawai; motivasi belajar; efektivitas belajar

 

Abstract

Sports learning can be done with any media such as application using a device. In this study, researchers used gadgets to determine whether the devices had an effect on learning motivation and learning effectiveness. This type of research is quasi-experimental with a quantitative approach. The way to collect data is by giving a questionnaire to the sample. The results showed that the value of the paired sample t-test was 0.000 <0.05 for learning motivation and 0.007 <0.05 for learning effectiveness, which means that there was a significant effect of the questionnaire on learning motivation and learning effectiveness. Meanwhile, for the results using the independent sample t-test method, it is known that 0.000 <0.05 for the value of learning motivation and 0.04 <0.05 for the results of learning effectiveness, which means that there is a significant effect of the questionnaire on learning motivation and learning effectiveness. Thus it can be concluded that there is an effect of using devices to increase learning motivation and effective use of devices for learning.

Keywords: smartphone; learning motivation; learning effectiveness

Published
2021-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 229
PDF Downloads: 793