PENGARUH SAAT MENSTRUASI TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK

  • Ilfi Nur Hasniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran, kesehatan mental dan perkembangan perilaku hidup sehat. Karena memerlukan aktivitas fisik yang banyak dalam proses pembelajaran seringkali dijadikan alasan untuk peserta didik perempuan tidak mengikuti pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu ketika mengalami menstruasi. Peserta didik merasa tidak nyaman apabila saat menstruasi melakukan banyak aktivitas fisik sehingga kejadian tersebut dapat menurunkan motivasi. Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh menstruasi terhadap pembelajaran olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengguanakan review literatur dengan menggunakan 10 jurnal sebagai data yang di review yang terbit pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 dengan mencari di Google Scholar dan situs web DOAJ (Directory of Open Access Journals), ScienceDirect, Academia.edu. Pencarian dilakukan dengan memasukkan kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan artikel yang akan di review. Menstruasi sangat mempengaruhi aktivitas serta motivasi belajar peserta didik. Dengan adanya kejadian tersebut menyebabkan peserta didik tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal. Banyak dari mereka yang mengalami menstruasi disertai nyeri menyebabkan sakit kepala, sakit punggung bahkan harus istirahat total dan tidak dapat melakukan aktivitas apapun selain tidur. Hal tersebut memberikan dampak buruk bagi peserta didik dalam melakukan pembelajaran karena dapat menyebabkan peserta didik ketinggalan pelajaran. Seringkali seseorang yang mengalami menstruasi disertai dengan nyeri pada perut bagian bawah. Maka dapat disimpulkan bahwa mentruasi dapat mempengaruhi motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK yang disebabkan karena beberapa factor.

Kata Kunci: menstruasi; motivasi; pendidikan jasmani

 

Abstract

Physical education is education that uses physical activity to improve fitness, mental health and the development of healthy behavior. Because a lot of physical activity in the learning process is used as an excuse for female students not to take part in learning which is caused by several factors, one of which is when menstruating. Students feel uncomfortable during menstruation doing physical activity so that this incident can reduce motivation. This study aims to obtain an overview of the effect of menstruation on learning sports. The method used in this study is a literature review using 10 journals as reviewed data published in 2010 to 2020 by searching on Google Scholar and the DOAJ website (Directory of Open Access Journals), ScienceDirect, Academia.edu. Search is done by entering keywords or keywords related to the article to be reviewed. Menstruation greatly affects the activities and motivation of students. With this incident, students cannot perform activities optimally. Many of them experience menstrual pain which causes headaches, backaches and even has to rest completely and cannot do any activity other than sleep. This has a bad impact on students in learning because it can cause students. Often a person experiences menstruation with pain in the lower abdomen. So it can be denied that menstruation can affect the motivation of students in participating in PJOK learning due to several factors.

Keywords: menstruation; motivation; physical education

Published
2021-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 106