IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA VIRTUAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PJOK SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Aldi Muharomil Iksan Universitas Negeri Surabaya
  • Nanang Indriarsa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran alternatif pada saat pandemi dilakukan dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah suatu inovasi pendidikan yang mengikutsertakan teknologi dan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring memungkinkan siswa mempunyai kebebasan waktu belajar sehingga siswa bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Salah satu alat yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi pada saat melakukan pembelajaran daring adalah menggunakan media virtual learning. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan media virtual learning dalam pembelajaran PJOK di SMA Dr.Soetomo Surabaya selama pandemi COVID-19. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Dr. Soetomo. Teknik penentuan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik cluster random sampling. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 175 siswa. Penerapan penggunaan media virtual learning yang dilakukan oleh guru PJOK di SMA Dr. Soetomo pada saat pandemi COVID-19 terbilang efektif dengan dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang dilakukan pada siswa yaitu sebesar 91%, tetapi ada beberapa kendala yang dialami siswa salah satunya yaitu kendala jaringan internet 44,6% (78). Pada saat melakukan pembelajaran menggunakan media virtual learning, kebanyakan siswa tidak mengalami keluhan psikis 43,3% (77), tetapi mereka mengalami keluhan fisik seperti kelelahan pada mata sebesar 32% (56) siswa. Jenis tugas yang kebanyakan dipilih siswa adalah pilihan ganda dengan penugasan individu.

Kata Kunci: virtual learning; PJOK; pandemi covid-19

Abstract

An alternative learning process during a pandemic is carried out by online learning. Online learning allows students to have freedom of study time so that students can study anytime and anywhere. One of the tools used by the teacher to deliver material when doing online learning is using virtual learning media. The aim of the researchers conducting this research was to identify the use of virtual learning media in learning PE at Senior High School of Dr. Soetomo Surabaya during the COVID-19 pandemic. The population used in this study were all high school students Dr. Soetomo. The sampling technique used by researchers is the cluster random sampling technique. The total sample used in this study amounted to 175 students. The application of the use of virtual learning media carried out by PE teachers in Senior High School of Dr. Soetomo at the time of the COVID-19 pandemic was considered effectiveas evidenced by the completeness of student learning outcomes carried out on students which is equal to 91%, but there were several obstacles experienced by students, one of which was the internet network constraint 44.6% (78). When doing learning using virtual learning media, most students did not experience psychological complaints 43.3% (77), but they experienced physical complaints such as eye fatigue by 32% (56) students. The type of assignment that most students choose is multiple choice with individual assignments.

Keywords: virtual learning; physycal education sport and health; covid-19 pandemic

Published
2021-03-29
Section
Articles