PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING SMPIT DI PONOROGO PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Qoid Rofi’ul Farhan Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah bagian penting dari pelaksanaan pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas fisik, sehingga siswa dapat meningkatkan kebugaran, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan hidup sehat. Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Kemendikbud No.4 tahun 2020 mengenai kebijakan dalam pelaksanaan pendidikan ditengah penyebaran Covid-19 menyatakan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran PJOK secara daring di SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik Quota Sampling dengan telah ditentukannya kuota sampel minimal 30 siswa dan kuota maksimal sebanyak mungkin. Terdapat 33 orang siswa yang bersedia menjadi responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket Prabowo (2020). Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam program SPSS pada komputer. Hasil dari analisis data adalah kondisi di SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo bahwa yang termasuk dalam kategori baik terdapat 7 siswa dengan persentase 21,2%, kategori sedang terdapat 20 siswa dengan persentase 60,6%, kategori kurang terdapat 6 siswa dengan persentase 18,2%. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran PJOK secara daring di SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo pada masa pandemi Covid-19 adalah sedang.

Kata Kunci: persepsi siswa, pembelajaran, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Abstract

Physical education of sports and health is an important part of the implementation of learning that encourages students to engage in physical activity, so that students can improve fitness, knowledge, skills and healthy living habits. In accordance with the circular issued by the Ministry of Education No.4 of 2020 concerning policies in the implementation of education amid the spread of Covid-19 states that learning is conducted online / remotely. This study aims to find out students' perception of pjok learning online at SMPIT Qurrota A'yun Ponorogo during the Covid-19 pandemic. This research is descriptive research. The population of this study is all students of SMPIT Qurrota A'yun Ponorogo which amounts to 102 students. The research sample uses Quota Sampling technique with a minimum sample quota of 30 students and a maximum quota of as many as possible. There are 33 students who are willing to be respondents. The instruments in this study used Prabowo's questionnaire (2020). Data analysis techniques use descriptive statistical techniques in SPSS programs on computers. The result of the data analysis is the condition in SMPIT Qurrota A'yun Ponorogo that included in the good category there are 7 students with a percentage of 21.2%, the current category there are 20 students with a percentage of 60.6%, the category of less there are 6 students with a percentage of 18.2%. It can be concluded that students' perception of online PJOK learning at SMPIT Qurrota A'yun Ponorogo during the Covid-19 pandemic is moderate.

Keywords: student perceptions, learning, physical education sport & health

 

Published
2021-04-02
Section
Articles
Abstract Views: 261
PDF Downloads: 267