PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI 8 SURABAYA

  • Muhammad Syahrizal Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik diluar akademik. Kegiatan ekstrakurikuler membutuhkan sarana dan prasarana yang baik untuk mencapai efektivitas dalam pembelajaran. Dengan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik diharapkan bisa mendapat prestasi. Dalam melakukan kegiatan olahraga terrsedianya sarana dan prasarana merupakan kebutuhan dasar. Namun ternyata masih terdapat kekurangan dalam penyediaan sarana dan prasarana di SMA Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari sarana dan prasarana terhadap efektivitas kegiatan ekstrakurikuler dengan melihat prestasi dan penghargaan yang didapat sekolah. Pada penelitian ini hanya fokus pada kegiatan ekstrakurikuler bola basket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan instrumen PDPJOI (Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia). Dari instrumen PDPJOI peneliti mengambil 2 komponen, yaitu: (1) ketersediaan sarana dan prasarana, (2) prestasi dan penghargaan selama 1 Tahun. Dari hasil penelitian secara umum didapatkan hasil, untuk komponen ketersediaan sarana dan prasarana mendapat kategori C untuk kategori penghargaan dan prestasi selama 1 tahun juga mendapat kategori C. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana berbanding lurus dengan hasil prestasi yang dihasilkan sehingga efektivitas kegiatan ekstrakurikuler juga dipengaruhi oleh sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Dari fasilitas yang memadai maka peserta didik akan semangat berlatih dan menghasilkan prestasi.

Kata Kunci: sarana dan prasarana; efektivitas; ekstrakurikuler

Abstract

Extracurricular activities can improve students ability outside academic. Extracurricular activities require good facilities and infrastructure to achieve quality in learning. In sports activities facilities and infrastructure are basic needs. In extracurricular activities expected that students can get achievement.  However, there are still deficiencis in the provision of facilities and instratructure at SMA Negeri 8 Surabaya. This study aims to describe the influence of infrastructure and extracurricular activities that have the acvievements and awards that have been obtained and uses the PDPJOI instrument. In this case just focuses on basketball extracurricular activities From the PDPJOI instrument the researcher took 2 components, namely: (1) Number of facilities and infrastructure, (2) achievement and 1 year award. From the general research results it was found that the category C for awards and 1-year achievements also got the C category for the category of the number of facilities and infrastructure. From the results of this study, it can be seen that the data from the facilities and infrastructure is directly proportional to the results produced so that extracurricular activites are also owned by the facilities and infrastructure owned by the school. From the facilities are adequate, students will be enthusiastic about practicing and will get achievement.

Keywords: facilities and  infrastructure; efectivity; extracurricular

Published
2021-04-02
Section
Articles