SURVEI PERAN GURU PJOK TERHADAP BERLANGSUNGNYA PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMP SE-KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI PADA ERA PANDEMI COVID-19

  • Akbar Alvian Hidayat Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Siswa, guru dan kepala sekolah merupakan komponen yang saling terkait dalam pembelajaran untuk mencapai keberhasilan suatu pendidikan. Menjadi seorang guru tidaklah mudah seperti kebanyakan orang pikirkan, menjadi guru yang profesional harus memiliki keahlian khusus dan cinta dengan pekerjaannya. Kualitas menjadi seorang guru sangatlah penting bagi kelangsungan pendidikan kepada peserta didik sebagai generasi yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dan negara tercinta ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam  melaksanakan pembelajaran materi kesehatan yang ada dalam Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di tingkat SMP se-Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ada 8 sekolah di Kecamatan Srono, yakni SMPN 1 Srono, SMPN 2 Srono, SMPN 3 Srono Satu Atap, SMP Annur, SMP Nurul Falah, SMP Budi Utomo, SMP Nuhuudliyyah, dan SMP Al-Qodiriyah. Dengan jumlah responden 80 siswa, 9 guru PJOK, 8 Kepala Sekolah. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan analisis data menggunakan persentase kriteria akademik yang dikemukakan oleh Eko Putro. Hasil dari  penelitian ini, bahwa peran guru untuk melaksanakan tercapainya pembelajaran materi pendidikan kesehatan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP se-Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi adalah sebesar 83% (sangat baik).

Kata Kunci: kesehatan SMP; pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan; kompetensi dasar

Abstract

Students, teachers, and principals are interrelated components in learning to achieve the success of an education. Being a teacher is not as easy as most people think, being a professional teacher should have special skills and love the job. The quality of being a teacher is very important for the continuity of education to students as a generation that will continue the struggle of the heroes of this beloved nation and country.  This study aims to find out the role of teachers of Education, Physical, Sports, and Health in carrying out the learning of health materials in basic competencies (KD) subjects of Education, Physical, Sports, and Health at the junior high school level in Srono Subdistrict Banyuwangi. This type of research is a survey. The population used in this study was 8 schools in Srono Subdistrict, namely SMPN 1 Srono, SMPN 2 Srono, SMPN 3 Srono One Roof, Smp Annur, SMP Nurul Falah, SMP Budi Utomo, SMP Nuhuudliyyah, and SMP Al-Qodiriyah. With the number of respondents 80 students, 9 teachers PJOK, 8 Principals. Instruments for data collection using closed questionnaires and data analysis using a percentage of academic criteria put forward by Eko Putro. The result of this study, that the role of teachers to carry out the achievement of learning health education materials in physical education subjects, sports, and health in junior high schools in Srono Subdistrict Banyuwangi is 83% (very good).

Keywords: junior high school health; education physical sports and health; basic competencies

Published
2021-04-02
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 71