MOTIVASI SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN: INTRINSIK DAN EKSTRINSIK

  • Ibnu Rizky Ary Buana Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Tujuan pendidikan secara umum adalah mengembangkan potensi siswa untuk mencapai kehidupan yang sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan strategi mengajar yang efektif dari guru untuk bisa memotivasi siswa. Motivasi merupakan aspek terpenting dalam mengikuti pembelajaran karena dapat meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga siswa mengikuti pembelajaran tanpa ada paksaan. Motivasi sebagai pendorong siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran baik yang berasal dari diri sendiri maupun yang berasal dari luar atau lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa. Sebagai subjek penelitian adalah 187 siswa kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya. Teknik pengambilan data menggunakan cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi motivasi intrinsik lebih tinggi dibandingkan kontribusi motivasi ekstrinsik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hasil uji t menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa dengan nilai t sebesar 36.79 pada p<001. Guru PJOK diharapkan mampu memahami dari masing-masing karakteristik motivasi belajar siswa yang berbeda-beda baik intrinsik dan ekstrinsik agar siswa dapat optimal dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: motivasi belajar; intrinsik; ekstrinsik

Abstract

Education is an activity that must be carried out to improve a better quality of life. The aim of education in general is to develop the potential of students to achieve a prosperous life. To achieve these goals requires an effective teaching strategy from the teacher to be able to motivate students. Motivation is the most important aspect in participating in learning because it can increase students' enthusiasm for learning, so that students take part in learning without coercion. Motivation as a driving force for students in carrying out learning activities both from themselves and those from outside or the surrounding environment. This study aims to determine students' intrinsic and extrinsic learning motivation. As research subjects were 187 students of class XI SMA Negeri 18 Surabaya. The data collection technique used cluster random sampling. This type of research is descriptive quantitative. The instrument used was a learning motivation questionnaire and analyzed using descriptive statistics and different tests. The results showed that the contribution of intrinsic motivation was higher than the contribution of students' extrinsic motivation in learning Physical Education, Sports, and Health (PJOK). The t test results showed that there was a significant difference between the intrinsic and extrinsic motivation of students learning with a t value of 36.79 at p <001. PJOK teachers are expected to be able to understand each of the different characteristics of student learning motivation both intrinsic and extrinsic so that students can be optimal in the learning process.

Keywords: learning motivation; intrinsic; extrinsic

Published
2021-04-03
Section
Articles